Panduan Wisata Ujung Genteng

Sebagian besar dari kita (termasuk saya tentunya) memilih pergi ke Ujung Genteng di akhir minggu saja. Berangkat Jum’at malam, menikmati Ujung Genteng dan sekitarnya 1,5 hari kemudian Minggu siang kembali ke Jakarta. Capek… itulah yang sangat terasa, apalagi harus terburu-buru menikmati alam Ujung Genteng yang indah itu.

Banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa di kunjungi, tempa wisata di Ujung Genteng antara lain:

Trip ke Ujung Genteng, Sukabumi
  • Pantai ujung genteng
  • Pantai pangumbahan ~> melihat penyu bertelur dan melepas tukik (anak penyu)
  • Amanda ratu (yang katanya mirip Tanah Lot, dah gw bilang…. apanya yang mirip? 😛 )
  • Melihat pembuatan gula kelapa/pantai akuarium
  • Pantai ombak tujuh ~> siapkan papan selancar dan berselancar dengan bule 😉
  • Curug Cikaso
  • Curug Cigangsa
  • Curug Ciruti

 

Transportasi menuju Ujung Genteng:

Mengingat tidak adanya angkutan umum di sana sebaiknya sewa Mobil saja (rate bogor): Rp. 300.000 – 400.000/day, (belum termasuk: makan dan penginapan sopir, BBM) tergantung jenis mobilnya. Namun jika ingin sangat berhemat bisa menggunakan angkutan L300 menuju Sukabumi yang biasanya ngetem di sekitar terminal Baranangsiang, Bogor.

– Mobil Pribadi: Jakarta, masuk tol menuju Ciawi – Cicurug – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Kiara Dua – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng. Dari UKI kami berangkat jam 23.00 WIB sampai di Amanda Ratu jam 05.30 WIB.

– Angkutan Umum:

  • Bus MGI (non AC) Bogor – Surade: Rp. 35.000,-. Berangkat dari terminal Baranangsiang terakhir jam 16.00 WIB. Lama perjalanan kurang lebih 7 jam. Terkadang bus dari Surade tidak langsung ke Bogor tetapi hanya sampai di Sukabumi, dari sukabumi tersedia bus menuju Jakarta/depok/bogor. Bagi traveler yang turun di stasiun Bogor gunakan angkot 03 menuju terminal Baranangsiang dengan tarif Rp. 2.000,-
  • L300 Bogor – Sukabumi Rp. 12.000,- (harga normal, kadang weekend naik jadi Rp. 15.000,-). Catatan: Siapkan diri untuk berdesak-desakan, asap rokok dan sopir yang ugal-ugalan. L300 mangkal di dekat jembatan penyeberangan terminal bus Baranangsiang – Gedung Alumni IPB dan Jalan Padjajaran depan terminal Baranangsiang – Ada Swalayan. Jika tidak mau ngetem lama lebih baik nunggu L300 di simpang Ciawi, dari baranangsiang naik angkot 01.
  • ELF Sukabumi – Surade: RP. 25.000,-
  • Surade – Ujung Genteng: Angkot berwarna merah dgn jurusan Surade – Ujung Genteng – Cibuaya. Rp. 8.000,-. Lama perjalanan kurang lebih 45 menit. Biasanya sopir angkot menawarkan untuk sewa angkot seharga Rp. 100.000,-
  • Ojek di Ujung Genteng ke pantai pangumbahan dan sebaliknya: Rp. 35.000 – 40.000

Informasi Penginapan sekitar pantai ujung genteng:
Harga kamar bervariasi : dari Rp. 100.000/malam sd Rp. 600.000/malam. Sebagian besar lokasinya di sepanjang pantai Ujung Genteng. Banyak sekali yang minya rekomendasi penginapan untuk rombongan dalam jumlah banyak. Maaf sekali saya tidak punya info kapasitas dari masing-masing penginapan. Untuk harga, lokasi, kapasitas dan fasilitas silahkan hubungi penginapan di bawah ini. Atau baca comment-comment di sini, ada pemilik penginapan yang menawarkan tempat penginapannya.

Daftar penginapan di Ujung Genteng:

Desa Kelapa Condong, Gunung Batu, Ujung Genteng, Sukabumi.

  • Pondok Adi: Telpon: 0251-316902 atau HP: 0818-101159 (harga Mei 2011: Rp.300.000/malam untuk 1 rumah  dengan 2 kamar, teras, dapur dan kamar mandi dalam)
  • Deddy Losmen HP: 0852-19319854
  • Mamas Losmen: Telpon: 0266-212758 -241033 atau HP: 0852-13507788 0815-72188558 0813-82586648
  • Pondok Hexa: Telpon: 021-7509271 atau HP: 0813-80585444 0815-9372999
  • Vila Ujang: Telpon: 0251-337444 atau HP: 0812-8774252
  • Batu Besar ( Big Rock ): HP: 0857-23652821

Kampung Cibuaya, Desa Kelapa Condong, Gunung Batu, Ujung Genteng, Sukabumi.

  • Pondok Wisata Koboi-1 & 2: Pak Koboi HP: 0818-06255770
  • Penginapan Pak Abudin: Pak Abudin HP: 0857-23062894
  • Penginapan Bungsu: Pak Deddy HP: 0815-63543189 0878-20979878
  • Linda’s Resort: Pak Rachmat HP: 0813-16385510
  • Penginapan Pak Ajod : 0878 2062 0842
  • Pondok Deri Putra : 0857 5944 9226
  • Pondok Febi : 0856 2491 4469
  • Pondok Amanah : 0815 6324 7205
  • Penginapan Adventure : 0878 7667

Pangumbahan, Desa Kelapa Condong, Gunung Batu, Ujung Genteng, Sukabumi.

  • Pondok Iskandar: Aisyah HP: 0815-63579959, H Iskandar HP: 0811-203375 0812-2014761
  • Penginapan Pemda milik Penangkaran Penyu Pangumbahan : Rp. 250.000/malam. CP Bpk.Janawi : 0859 2132 0362 atau Bpk. Ujang : 0878 2068 8431.

Amanda ratu:

* Amanda Ratu Resort. Alamat : Jalan Surade Ujung Genteng Kec. Ciracap  Telp.02666492808

Tersedia juga homestay, CP Mas Ilyas : 0852 9546 7296, Mas Budi: 0878 2060 2385. Penginapan murah dengan harga Rp. 35.000 – Rp. 75.000 / malam seperti penginapan Mangle dan Dewi Sari Bunga juga ada tapi saya tidak punya nomor contact-nya. Jika ada yang pernah menginap di tempat tersebut atau penginapan murah lainnya jangan sungkan untuk share di sini 😉

Mau coba itinerary 3 hari jalan-jalan santai ke Ujung Genteng? Nih iten-nya

**ITINERARY UJUNG GENTENG-CIKASO-dkk**

*HARI I JUMAT, 18 DEC 2009*

06.00 – 12.00 Jakarta – Amanda Ratu
12.00 – 13.00 Foto-foto di Amanda Ratu
13.00 – 14.00 Amanda Ratu – Penginapan
14.00 – 15.00 Mandi, makan, persiapan ke penangkaran penyu
15.00 – 21.00 Ujung genteng – Ombak 7 – pantai pangumbangan (penangkaran penyu) ~> jalan kaki saja menyusuri pantai-pantai yang indah. Bawalah makanan karena disini akan sampai malam, sore hari ikut melepas tukik (anak penyi) ke laut, malamnya kita menunggu penyu berjalan ke pantai untuk bertelur. Sebaiknya tidak usah foto-foto penyu yang sedang bertelur, kasian…
21.00 – 05.00 kembali ke penginapan (bisa naik ojek kalo capek, atau kembali jalan kaki sambil menikmati bintang), bisa pesan barbeque party lhoo. Tapi sebelumnya harus pesan dulu ke pemilik penginapan.

*HARI II SABTU, 19 DEC 2009*
05.00 – 07.00 Menikmati matahari pagi di ujung genteng
07.00 – 08.00 Mandi, sarapan
08.00 – 17.00 penginapan ==> curug cikaso ==> curug cigangsa atas & bawah ==> penginapan
17.00 – 21.00 free time: bisa snorkeling atau bikin games seru
21.00 – 05.00 istirahat

*HARI III MINGGU, 20 DEC 2009
05.00 – 11.00 Ujung Genteng (Free time: berenang, snorkeling, susur pantai, hunting foto, melihat pembuatan gula kelapa atau ke pantai akuarium) dan packing
11.00 – 19.00 kembali ke jakarta

Tiket Wisata Ujung Genteng:

  • Retribusi Daerah Wisata sebesar Rp. 18.000,- / mobil.
  • Retribusi daerah Pantai Cibuaya Rp. 2.000,-
  • Curug Cikaso: Perahu Rp 60.000,- Tiket masuk Rp. 5.000,-
  • Curug Cigangsana: Rp. 5.000,-
  • Pantai Pangumbahan: Melepas tukik (anak penyu) sekitar jam 17.00 WIB Rp. 5.000.- dan Melihat penyu bertelur sekitar jam 21.00 WIB Rp. 5.000,-
  • Amanda Ratu: hanya bayar parkir
  • Sewa perahu ke ombak tujuh isi 10 orang: Rp. 600.000,-

Event penting di Ujung Genteng: setiap tanggal 5 Mei diadakan Hari Nelayan sebagai hari ulang tahun laut.

Amanda Ratu:

Amanda Ratu

Amanda Ratu seringkali disamakan dengan view di Tanah Lot. Tentu saja yang dimaksudkan bukan pantai dengan ombak berkejaran menghantam bebatuan dan sebuah pura, tetapi view Tanah Lot di sebelah kanan (saat menghadap laut). Sederetan daratan yang menjorok ke laut dan batu karang yang telah berlubang di terjang ombak. Namun  Amanda Ratu adalah Tanah Lot KW 9, jadi jangan kecewa jika tidak sesuai bayangan anda. Saya sampai di Amanda Ratu sekitar pukul setengah 6, matahari pagi tertutup awan sehingga pemandangan menjadi sangat flat karena langit dan laut berwarna abu-abu. Sebenarnya jika cuaca cerah akan sangat mengasyikkan duduk-duduk di rerumputan memandangi hamparan lautan dan perkebunan kelapa. Di sini terdapat villa, kami cukup numpang foto-foto saja 😀

Pantai Ujung Genteng -Pantai Ombak Tujuh – Pantai Pangumbahan:

Ketiga pantai ini memiliki karakter yang berbeda walaupun berada pada 1 garis pantai dengan jarak yang tidak terlalu jauh, yaaa… cukup 2 hari berkuda 2 jam jalan kaki santai. Alternatif lain menuju Pantai Pangumbahan adalah dengan naik ojek atau membawa kendaraan pribadi anda. Beberapa teman yang membawa snorkle langsung bersnorkling ria tidak lama setelah kami tiba di Penginapan. Setelah makan siang dan menjamak sholat, sekitar jam setengah 3 kami mulai menyusuri Pantai Ujung Genteng. Saya, Amel dan Ari memutuskan untuk jalan kaki karena…. karena teman-teman yang lain memilih jalan kaki sedangkan kami tidak cukup pede untuk naik ojek tanpa berombongan. Jangan lupa membawa bekal air minum, snack atau bahkan bekal makan karena perjalanan cukup jauh.

Menyusuri Pantai ujung genteng – ombak tujuh – pangumbahan

Pantai Ujung Genteng memiliki hamparan batuan karang yang cukup luas, saat itu air sedang surut sehingga kami bisa berjalan ke pantai cukup jauh. Harus berhati-hati karena batuan karang banyak ditumbuhi lumut. Pasir di sini agak kasar sehingga membuat kaki lecet, sediakan band aid!

Pantai Ombak Tujuh adalah tempat favorit wisatawan asing untuk bermain selancar. Kami cukup menjadi penonton sekalian menyegarkan mata 😉

Pantai Pangumbahan menjadi terminal akhir perjalanan kami, rencananya di sini kami akan menikmati sunset dan mengantarkan tukik unyu (anak penyu) menuju habitatnya. Berhubung awannya tetap gak mau pergi, kami langsung menuju RS Bersalin, tempat tukik-tukik itu ditetaskan. Pangumbahan adalah Desa Konservasi dan Ekowisata melalui binaan Bio Farma. Lucu sekali melihat tukik unyu yang berlarian sekuat tenaga menuju lautan bebas, yang sudah pernah menonton A Turtle’s Tale: Sammy’s Adventures pasti bisa ngebayangin gimana anak-anak penyu tumbuh dan berkembang berusaha survive di habitatnya.

Sambil menunggu kedatangan Ibu Penyu yang akan bertelur, kami istirahat di rumah penduduk. Penerangan sangat minim sehingga sangat disarankan anda membawa lampu disco senter. Sekitar jam sepuluh kami kembali ke Pantai Pangumbahan, sudah banyak sekali pengunjung yang akan menyambut ibu penyu. Kehebohan tiba-tiba memecahkan kesunyian pantai ketika sang selebritis yang ditunggu-tunggu berjalan anggun dari pantai menuju tempat persalinan. Inilah adegan yang sangat tidak kami sukai, blits yang berkilatan mengabadikan ibu penyu yang sedang bertelur. Padahal Bapak Guide sudah memperingatkan sebelumnya agar pengunjung tenang dan tidak menggunakan blits karena mengganggu proses bertelur. Tidak tega dengan adegan tersebut kami memilih membuat lingkaran sendiri, seorang teman kami merunduk di tengah-tengah sehingga seolah-olah kami sedang mengerubungi Bapak penyu. Banyak yang tertipu 😀

Curug Cikaso:

Curug Cikaso

Curug Cikaso terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Peta dan Koordinat GPS: 7° 21′ 40.13″ S  106° 37′ 3.88″ E . Berjarak tempuh sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon, 30 kilometer dari Ujunggenteng, dan sekitar 110 kilometer dari Kota Sukabumi atau +/- 70 km dari Palabuhan Ratu. Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso.  Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.  Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.  Masing-masing air terjun mempunyai nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki.  Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. Info selengkapnya silahkan kunjungi Curug Cikaso. Tidak jauh dari curug Cikaso terdapat Curug Cigangsa dan Curug Ciruti, tapi karena waktu tidak mencukupi kami langsung kembali ke Jakarta.

95 thoughts on “Panduan Wisata Ujung Genteng”

  1. kak, itu penginapan pondok adi ada berapa rumah yang disediakan ? kira2 1 rumah cukup berapa orang ya kak ?
    untuk makrab kelas nih, 38 orang kalo ikut semua,
    terima kasih kak

    1. 1 rumah ada 2 kamar dgn kamar mandi dalam, tempat tidur besar. ruang tamu luas bisa buat tiduran asalkan bawa matras. dulu saya nginep di sana ber-30, tp kalo mau nyaman mungkin ber 8-10.

      1. nice info :-)
        minta rekomendasinya sist..
        kalo cuma untuk berdua baiknya naek motor atau angkutan umum?
        penginapan yg murah dan bersih untuk kapasitas 2 org dimana?

        1. Naik motor juga bisa, yg penting siap2 pantat tepoz ^_^
          hampir semua penginapan bisa di pesan untuk 2 orang (sewa per kamar) dan hampir semuanya murah
          tp kalo soal kebersihan saya gak tahu, lebih baik sebelum ambil kamar liat-liat dulu kamar dan toiletnya.

  2. ass. . ka mau tanya kalo wisata pantainya sama curugnya jauh ga jaraknya dan itu bayarnya sekali bayar atau lain lain tarifnya. . . . trims. . :)

    1. wa’alaikumsalam,
      jaraknya lumayan jauh karena emang jalurnya dari pertigaan surade berbeda.
      dulu kami ke ujung genteng dulu susur pantai sampai pangumbahan, hari berikutnya ke curug cikaso.
      tarif-nya berbeda-beda karena memang tidak 1 lokasi.

  3. ass. kaka…
    mw tnya aku sm tmn2 dr hr sbtu jam 12 siang mgkn smp d sn jam 7an.kita ber 8 org, kira2 pgnpn murah yg cocok dmn y?dr pgnpn akses k curug cikaso,amanda lot,pantai pangumbhn jauh ga kaka?thx alot.blh mnt no tlp g?

    1. wa’alaikumsalam,
      penginapan yang murah banyak, tinggal contact aja penginapan2 yang ada disini, dulu gw nginep di Pondok Adi
      kalo nginep di ujung genteng boleh di bilang tengah2 antara cikaso dan pangumbahan. (sekitar 30 menit)
      eh jawabannya dah telat ya, maaf… kmrn dah nagcir liburan^^

  4. ass kaka..

    ka aku mau tanya penginapan di pondok adi 1 rumah itu buat 13 orang harganya tetap 300rb ka?
    pondok adi itu dr lokasi wisata keseluruhan jauh ga kaka??
    makasih kaa…

    1. wa’alaikumsalam,
      itu harga tahun 2009, 300 ribu u’ rombongan kami yang sekitar 20-an orang
      coba telfon langsung ke pondok agi u’ info harga terbaru

    1. gak ada bus yg langsung ke pantai ujung genteng, musti gonta-ganti keq yg di tulis disini.
      dulu aq carter bus jadi bisa langsung sampai UG.

    1. bisa dunx…
      tuh yg comment di atas, kak “Camhoed celalu di hati eaa” pernah ke ujung genteng naik motor ampe pantat bengkak. yaaa mgk karena usia lanjut sih jadinya dia kapok naik motor ke UG 😀
      pastikan kondisi motor bagus dan bensin full tank coz jalanannya kurang bagus dan jumlah spbu terbatas.

    1. kalo gak salah di pantai ujung genteng banyak juga yang mancing sambil berdiri di beberapa karangnya.
      kalo mau yg lebih banyak ikan sebaiknya sewa perahu nelayan aja, tapi biayanya kurang tahu.

  5. Ka, tau dimana tempat penginapan yang murah dan dekat ke tmpat wisatanya ga? Kami ada kurang lebih 90 orang mau fieldtrip kesana dengan dana terbatas dan kalau bisa menginap

    1. kalo ber-90 sepertinya harus beberapa penginapan. dulu rombongan sy sekitar 20 orang menginap di pondok Adi, kamarnya cuma 2 tapi ruang tamunya luas sehingga co’-co’ tidur beralas matras aja. pondok hexa jg menampung cukup banyak.
      sebaiknya telfon langsung ke salah satu penginapan, sekalian minta dicarikan beberapa penginapan di dekatnya yg bisa menampung 90 orang.

    1. insyaallah aman…. penginapan di Ujung Genteng memang sederhana tapi bersih.
      makanan jika pesan ke penginapan biasanya sarapan dgn nasi goreng, makan siang dgn masakan khas sunda, makan malam dgn ikan bakar.

  6. siippp, infonya paling lengkap diantara yang lain. Makasih mbak. Saya mau backpakeran ke sana naek angkutan umum aja yang murah hehe..

    1. saya dl menginap di Pondok Adi, lokasinya persis di tepi pantai ujung genteng. buat saya sih sudah cukup nyaman.
      di sepanjang pantai ujung genteng jg banyak penginapan lain.
      pondok hexa jg banyak direkomendasikan backpacker

    1. Belum, itu baru biaya penginapan saja.
      biaya makan sekitar 50rb/orang (pagi: nasi goreng, siang: sayur asem, ayam goreng, lalap, gorengan, malam: nasi bungkus di penetasan penyu & BBQ di penginapan), tp harga akan berbeda2 sesuai menu yg dipesan & jumlah orang.

  7. Pondok Adi, tempat yg kami gunakan u’ nginap dulu lokasinya persis di tepi pantai ujung genteng.
    sebagian besar penginapan di UG berada di pinggir pantai koq, coz pantai di sini panjang banget dan berjejer penginapan2 di sepanjang pantainya.

  8. teh mau tanya kalo kita kesana tanpa travel agen kira2 kita bisa tau ga tmpat2 yg biasa dikunjungin..atau disana kita bisa sewa tour guide nya?

    1. kalo menurut saya di UG gak perlu pake tour guide.
      tukang ojek bisa jadi penunjuk jalan yg baik
      dan tidak malu bertanya kepada penduduk lokal akan memudahkan kita mencapai semua lokasi wisata di ujung genteng 😉

  9. teh mau tanya dong kalau bus pariwisata bisa masuk kesana ga ya ? terus saya pusing cari penginapannya untuk 31 orang –“

    1. bisa koq, tp mungkin bis yg tempat duduknya 25-30. kalo yg 40 lbh keqnya kegedean.
      kalo banyakan gitu mending telfon salah satu penginapan di UG, terus minta rekomendasi penginapan disebelahnya.
      kecuali kalo pesertanya mau tidur empet2an bawa matras sendiri. dulu saya dan temen2 sekitar 25 orang nginep di pondok Adi.
      yg cewek tidur di 2 kamar, co’ tidur di ruang tamu. qt bawa matras.

    1. saya terakhir ke UG itu tahun 2009 dan saat itu jalannya kurang enak (berlubang)
      sepertinya akan lebih nyaman jika menggunakan kendaraan bukan sedan.

    1. Hanya di pantai ujung genteng saja, pantai yg lain ombaknya terlalu besar. tapi kata temen yg pernah snorkeling di UG underwaternya juga kurang menarik.

  10. numpang promo ya mba..pondoknya ada di deket banget pantai.30 langkah udah sampe ke pantai.di pantai cibuaya.biasa banyak orang yg mancing.bisa beli ikan di pemancing langsung.harganya murang.2kg bisa 30rb.msh fresh bgt.trus deket ke penangkaran penyu.kalo mau makan juga deket warung2.harganya 1rumah tembok 400rb.ada 2kamar tidur,rmahnya besar kok.ada kompor gas,kamar mandi 1.bisa makan di pekarangn rumah yg menghadap ke laut.kalo yang cottage 250rb.fasilitas sama.biasa orang nginep daerah sini.hub saya di 08996067397.thx.

    1. Silahkan mas… moga laris manis 😉
      Buat yg butuh info penginapan silahkan hubungi ini atau nomor telfon penginapan yang sudah ada di daftar penginapan Ujung Genteng.
      Maaf sekali buat yg nanya2 penginapan dgn kapasitas besar sy tidak bisa bantu.

  11. BOSS..mau tanya dong kalau VILLA/PONDOK AC BERSIH DAN BAGUS..dekat penakaran penyu ( tukik ) villa apa ya ? bisa kabarin sms saya di 085814267471..tku hengky

  12. kalau untuk rombongan sekitar 18 orang penginapan yg paz yg mana ya ?dg harja yg tejangkau?terus ada ga paekt tour untuk 3 hari 3 mlm atau 3 hari 2 mlm yg terjangakau n biayanya brpa?saya mw ke sana sehabis lebaran nanti.
    Thanks,,

  13. Saya sewa angkot 40 ribu ke ujung genteng dari terminal surade, pinter2 nawar aja itu juga kalo pake bahasa sunda ngomongnya.
    Penginapan 50rb/malem di ujung genteng view langsung pantai.

  14. Berguna banget nih infonya makasih banyak kk 😀
    minggu dpn saya ber 14 mau k UG touring naik motor rame2 hehe
    tujuan utama pantai pangumbahan ^.^

    1. mau tanya ka, klo sy nginep di villa marline amanda resort paling deket itu wisata nya kemana aja yah? klo ke curug cikaso n pangumbahan itu brp lama ya?

      1. semua tempat wisata yang saya sebutkan disini jaraknya berdekatan, 2 hari sudah dapat mengunjungi semua tempat wisata. sebaiknya mengunjungi curug cikaso bersama dengan curug cigangsana, sedangkan pantai pangumbahan bersama dengan pantai ujung genteng dan ombak 7 (1 arah). kalo dari amanda resort tidak sampai 1 jam perjalanan (dengan motor).

  15. lengkap banget infonya ka..
    sangat membantu..
    rencana sy juga mau kesana akhir taun ini.
    oya, kira2 kalo untuk 2 hari rute perjalannya yang enak kemana aja ka?
    saya rencana berangkat dari jakarta pagi-pagi…besoknya sudah kembali..
    tks

    1. kalo mau umpel-umpel-an bisa aja sih karena kamarnya cukup luas dan ruang tamu juga luas. dengan catatan harus bawa matras / slepping bag sendiri biar tidurnya lebih nyaman.

  16. thank you yaaaa… for the info! 😉 simpen di bookmark hehe.. yang sewa kamar2 aja (bukan 1 pondok/villa), mending di mana ya..? ala backpacker aja

  17. ka numpang tanya dong, untuk bus seat30 kira” ada kendala ngga kalo dipake buat keliling Ujung Genteng ? biar ngga ribet turun naik kendaraaan

  18. rekomendasiin dong penginapan buat 38 orang, sudah termasuk makan dan budget anak kuliahan, kalo bisa 1-2 rumah buat 38 orang, dan berapa harganya?
    Thanks

  19. ka mau tanya dong , itu harga kamar 200-250 udah bisa pake dapurnya apa belom ? soalnya rencananya abis lebaran mau kesana dan lagi nyari” villa murah buat nginep 3hari 2malem disana. terus kira” jarak dari villa kepantai pangumbuhan itu dari villa mana yah ka ?

    1. harga sudah termasuk penggunaan dapur, karena hitungannya qt sewa 1 pondok.
      tapi untuk harga saya yakin sudah ada kenaikan, sebaiknya kontak dulu penginapannya.

  20. Mbak Ndah bila mau ke ujung genteng dan sarwana, sebaiknya mana dulu yg kita singgahi? Rencana mau malam Tahun baru dislah satu pantai itu.

    1. mba esther darimana? pantai sawarna dan ujung genteng itu cukup jauh, sawarna di banten sedangkan ujung genteng masuk wilayah jawa barat. kalo dr jakarta berarti ke p. sawarna dulu baru ke ujung genteng.
      yg lebih dekat dgn ujung genteng itu pelabuhan ratu. temen saya pernah tahun baru di ujung genteng, katanya cukup berkesan.

  21. hi kak boleh tanya kalo pas kesana di ujung genteng udah ada permainan air nya kaya banana boat gitu belum? dan apakah ada yg jual ika sekitaran ujung genteng ?

  22. Maaf mba mau nanya, kalo sendirian kesana transportnya baiknya gimana ya?? Terus ada ga penginapan untuk 1 orang aja ?? Tks

    1. detailnya saya tidak tahu, tapi secara umum bisa naik kereta ke sukabumi atau bis jurusan sukabumi. nanti lanjut angkutan yg ke arah surade – ujung genteng.
      kalo penginapan banyak koq yg menyediakan penginapan seperti standar hotel (per kamar).

  23. Ka , mau tanya ??? Saya abia lebaran dari tangerang menuju ujung genteng dengan pake bus seat 59 bisa enggak kesana
    langsung menuju pantainya ????

Leave a Reply