Panduan Wisata Bali (Jalan-Jalan di Bali)

Senja dan Cinta di Pantai Lovina

Ketika pertama kali ke Bali saya masih bisa menelfon Bluebird untuk di jemput di bandara tapi ternyata saat ini sudah tidak bisa lagi. Sehingga ketika taxi di Bandara menawarkan harga yang mahal menuju penginapan di Nusa Dua, saya dan seorang teman keluar bandara Ngurah Rai ke arah kanan menunggu taxi di jalan raya dan kemudian menjemput teman yang lain di dalam bandara. Akan lebih baik kalo memesan mobil terlebih dahulu dari pihak Hotel untuk menjemput ke Bandara.

Bali Part #1 kami menuju penginapan di Legian dengan naik taxi dan berkeliling Bali dengan menyewa mobil kijang kapsul dari Hotel. Sewa mobil+sopir+bensin Rp. 300.000,-/12 jam.

Bali Part #2 kami menyewa mobil APV dengan tarif Rp 250.000/12 jam dan overtime Rp. 25.000/jam. 3 hari sewa kami membayar Rp. 800.000,-, bensin selama 3 hari Rp. 280.000,- dan memberi tip sopir Rp. 200.000,-. Kami menyewa di ABS. Tour and Travel milik I Nyoman Bakat, HP: 0812 3636 2206 dengan sopir bli Komang.

Bali Part #3 kami menyewa mobil dari Surabaya kami menyewa Avansa di http://pusaka-rentcar.blogspot.com/ dengan sewa Rp. 450.000/24 jam (mobil + sopir), dihitung mulai hari Jum’at jam 22.00 WIB – Minggu jam 22.00 WIB, bensin selama 2 hari Rp 350.000,- dan tips sopir Rp. 100.000,-. Pusaka: Jl. Semolo Waru Elok Blok Q/ 14 Surabaya. Phone: +6231 7250 6007 / 0813 5799 0007/ 0878 5150 2007 dengan sopir Pak Harry.

Di Nusa Dua kami menginap di The Studio One Jl. Bypass Nusa Dua 7x, Nusa Dua. Kami menemukan alamat tersebut di pameran traveling sehingga mendapat diskon 10%, selain itu kami juga mendapat bonus 1 kamar junior suite karena memesan 3 kamar deluxe. Fasilitasnya  AC, TV, hoot-cool water, breakfast dan wifi. Tarif per malam:


Deluxe: Rp. 390.000,- ukuran kamar 7,4m x 2,9m
Junior Suite: Rp 430.000,- ukurannya 7,3m x 3,6m
Suite: Rp 480.000,- ukurannya 6,6m x 5,2m

Di Ubud kami menginap di Swan Inn. Lokasinya tidak jauh dari jalan Monkey forest, setelah lapangan (depan SD) belok kiri (ada plang penunjuk arah ke Meseum Antonio Blanco), masuk gang sedikit (mobil tidak bisa masuk). Tidak ada AC, TV dan hoot-cool water hanya kamar luas dan bersih, serta sarapan. Dengan kolam di tengah-tengah penginapan dan sawah di belakang garden view, penginapan ini terasa adem dan menenangkan.
Alamat Swan Inn Ubud: Monkey Forest Road, Wisnu Line, Ubud, Bali. Tel : +62 361 977492. Pemesanan via email: info@swaninn-bali.com, Handy Pranata: swaninn2009@yahoo.com , website: www.swaninn.net

Harga kamar per malam:
standard room: Rp 200.000,-
gardenview: Rp. 250.000,-
Bungalow: Rp. 300.000,-

Di Lovina kami menginap di Angsoka Hotel dengan memilih kamar biasa saja, 2 kamar standar dengan twin single bed dan 1 kamar single bed untuk sopir dengan fasilitas kamar bersih dan kamar mandi luas dengan shower, kipas angin, sarapan dan kolam renang. Belum tahu penginapan lainnya, tapi dengan fasilitasnya yang lengkap dan harganya yang murah penginapan ini highly recommended. Tarif per malam untuk Twin single bed Rp. 125.000,- dan single bed Rp. 70.000,-. Pemesanan hotel Angsoka: Phone : + 62 – 362- 41841 (Hunting),  Fax : + + 62 – 362 – 41023. Email : hotel@angsoka.com , Website: http://www.angsoka.com/

Harga kamar lainnya:

  • Family Villa: Rp. 400.000,- (bungalow,  AC, Hot water,  TV dengan satellite, kulkas, dapur)
  •  Superior: Rp. 275.000,- (AC, Hot Water, bathtub & shower)
  •  Super Standard : Rp. 225.000 (AC, Hot Water, bathtub and shower)
  •  Standard Plus   Rp. 175.000 (bungalow, AC, bathtub and shower)
  •  Up-stairs Standard: Rp. 135.000 (kipas angin dan shower)

Daftar wisata di Bali: wisatamelayu 

Peta Wisata Bali ( www.indonesia-tourism.com )

Bali bagian Selatan: Tempat yang cocok untuk wisatawan yang menyukai keramaian

Tempat wisata:

  • Pura Taman Ayun: Pura ini dibangun sebagai tempat beribadah keluarga raja dan para pengikutnya. Berbeda dengan pura-pura lainnya di Bali yang ‘berkiblat‘ pada Gunung Agung, Pura Taman Ayun ‘berkiblat‘ ke Gunung Batukau. Taman Ayun dalam bahasa Bali berarti ‘taman yang cantik‘. Komplek bangunan religius ini berada dalam lahan seluas 4 hektar dengan dikelilingi kolam atau parit. Dari kejauhan, parit tersebut menyerupai ‘gelang air‘ dan memberikan kesan bahwa pura ini berada di atas permukaan air.
  • Pantai Kuta: Pantai Kuta terkenal dengan keindahan mentari terbitnya (sunrise). Selain panorama sunset, Pantai Kuta juga menyuguhkan pemandangan yang cukup mengesankan, yakni garis lengkung pantainya yang berbentuk bulan sabit dengan hamparan pasir putih sepanjang + 2 km. i pinggiran Pantai Kuta terdapat para pemijat profesional yang bisa langsung disewa dengan biaya sekitar Rp 20.000 untuk setengah jam dan Rp 40.000 untuk satu jam pemijatan. Ada juga penjual jasa yang memiliki keterampilan untuk mempercantik penampilan wisatawan, misalnya para pembuat tatto temporer, pewarna kuku, serta penata/pengepang rambut.
  • Pantai Jimbaran: Jimbaran Bali, tempat wisata favorit di Bali, menawarkan berbagai daya tarik seperti dikenal sebagai pusat makanan laut ( Seafood center) dan suasana malam pantai Jimbaran yang indah dan romantis.
  • Pantai Dreamland: Pesona pantai dreamland terletak pada hamparan pasirnya yang putih, hingga ombaknya yang bergulung-gulung besar sangat cocok untuk olahraga selancar (surfing). Tak hanya itu, pantai ini juga terletak di balik bukit, sehingga pemandangan alam sejak pertama kali menyusuri bukit ini terhampar begitu indah.
  • Pantai Padang-Padang: Pantai padang-padang terletak di Jalan raya Uluwatu Pecatu. Untuk mencapai pantai padang-padang wisatawan harus menuruni dan menembus tebing karang yang sempit.  Pantai ini menjadi terkenal setelah menjadi salah satu lokasi shooting “Eat-Pray-Love”.
  • Pura Uluwatu: Sebuah kompleks peribadatan dibangun di atas tebing terjal yang menjorok ke Samudera Hindia.  Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu dari pura-pura yang memiliki status sebagai Pura Sad Kahyangan Jagat, yaitu pura yang dianggap sebagai penyangga poros mata angin di Pulau Bali. daya tarik lain di lokasi wisata ini adalah pertunjukan Tari Kecak yang diadakan sekitar pukul 18.00 sampai 19.00 WITA. Tarian yang menceritakan tentang penggalan epik Ramayana, yaitu penculikan Dewi Sinta oleh Rahwana ini makin mempesona dengan latar belakang matahari terbenam di Samudera Hindia.
  • Garuda Wisnu Kencana: Rencananya, patung Dewa Wisnu yang mengendarai Garuda tersebut dibangun dengan ketinggian 75 meter, dengan fondasi setinggi 70 meter. Sayap burung Garuda tersebut juga akan membentang selebar 66 meter. Bahan utama pembuatan patung adalah tembaga dan kuningan dengan berat keseluruhan sekitar 4.000 ton. Kelak, jika proyek ini rampung, monumen Garuda Wisnu Kencana akan berdiri setinggi + 145 meter melampaui ketinggian Patung Liberty dan dapat disaksikan dari radius hingga 20 kilometer. Garuda Wisnu Kencana (GWK) ini memang direncanakan menjadi ikon bagi pariwisata Bali. Saat ini, wisatawan sudah bisa menikmati Taman Budaya GWK ini. Patung Dewa Wisnu yang tegak setengah badan (tanpa tangan), serta kepala burung Garuda telah menjadi tontonan ribuan wisatawan setiap bulannya. Areal GWK sendiri merupakan bukit kapur cadas dengan luas sekitar 200 hektar.
  • Nusa Dua dan Tanjung Benoa: Pantai ini bersebelahan dengan kawasan Nusa Dua ini, sekarang telah menjadi pusat berbagai macam olahraga air, mulai dari jetski, parasailing, scuba diving, snorkeling, hingga flying fish. Berbagai sarana wisata yang diberi nama wisata tirta Benoa Marine Recreation (BMR) ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas hotel berbintang dan restoran bertaraf internasional. Cara lain untuk menikmati keindahan bawah laut Tanjung Benoa adalah dengan menaiki kapal yang telah dimodifikasi bagian bawahnya menggunakan kaca bening (glass bottom boat). Biasanya menaiki perahu glass bottom ini merupakan satu paket wisata menuju Pulau Penyu (Turtle Island).

Menikmati tari kecak dan sunset uluwatu

Bali bagian timur: Tempat wisatawan mencari ketenangan, di daerah ini banyak obyek wisata bernuansa spiritual dan sejarah

Tempat wisata: Bangli, Karang Asem dan Klungkung

  • Pura Besakih (pura terbesar di Bali): Pura Besakih terletak di kaki Gunung Agung, gunung tertinggi di Pulau Bali yang oleh masyarakat setempat dianggap sebagai gunung suci. Pura ini dibangun berdasarkan konsep Tri Hita Karana, yaitu konsep keseimbangan antara manusia, alam, dan Tuhan. Penataan bangunan pura disesuaikan dengan arah mata angin agar struktur bangunannya dapat mewakili alam sebagai simbolisme adanya keseimbangan tersebut.
  • Tiga istana air (Tirta Gangga, Jungutan, dan Taman Ujung) berupa taman dan bangunan di atas air yang dibangun oleh Raja Karangasem
  • Pantai Tulamben: 125 kilometer di timur laut Denpasar (3 jam dari Kuta ). Pantainya tidak berpasir tapi berbatu. Keistimewaan pantai Tulamben adalah pemandangan bawah lautnya. Aneka ragam terumbu karang dan ikan hias warna-warni yang jinak menjadi magnet bagi wisatawan pecinta diving, di perairan ini juga terdapat bangkai kapal USS Liberty milik angkatan perang Amerika Serikat yang tenggelam pada perang melawan Jepang tahun 1942.
  • Bukit Jambul: sebuah kombinasi harmonis antara perbukitan, persawahan, lembah, dan panorama laut yang indah. Dari ketinggian bukit kita bisa menyaksikan keindahan alam di bawahnya. Di puncak bukit terdapat sebuah pura yang disebut Pura Pucak Sari yang dikelilingi oleh pepohonan besar.
  • Desa tenganan: Tenganan adalah sebuah desa tradisional di pulau Bali. Desa ini terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem
  • Taman Sukasada Ujung: Kompleks Taman Soekasada Ujung merupakan kombinasi dari arsitektur Bali dan Eropa. Terdapat tiga kolam besar dan luas di daerah ini.
  • Danau Kintamani: pemandangan kawasan pegunungan yang sangat unik dan menakjubkan dengan danau di tengahnya.
  • Desa Terunyan:  Sebuah desa dengan peradaban Bali kuno yang disebut Bali aga. di desa ini orang-orang yang sudah meninggal tidak dikubur tetapi diletakan begitu saja di bawah sebuah pohon. Mayat-mayat ini tidak mengeluarkan bau sama sekali.
  • Desa Penglipuran: Berlokasi di kabupaten Bangli, sekitar 45 km dari Denpasar, Desa Adat Penglipuran sudah ada sejak 700-an tahun yang lalu. Desa ini menganut tata ruang dengan konsep trimandala, dibagi ke dalam tiga ruang yang berbeda secara fungsi dan tingkat kesucian, yaitu utama, madya dan nista
  • Kertagosa salah satu objek wisata yang terletah di tengah – tengah Kota Kabupaten Klungkung, Bali, kira-kira 40 km ke arah timur dari Denpasar. Kertagosa terdiri dari dua buah bangunan (bale) yaitu Bale Kerta Gosa dan Bale Kambang. Disebut Bale Kambang karena bangunan ini dikelilingi kolam yaitu Taman Gili.
  • Pura Goa Lawah: Pura Goa Lawah terletak sekitar 49km dari Kota Denpasar tepatnya di Kecamatan Dawan,Klungkung atau sekitar 10km sebelah timur Kota Semarapura.  Merupakan Salah Satu Kahyangan Jagat dan objek wisata di Bali, yang merupakan perpaduan antara laut dan gunung

 Bali Tengah:

  • Denpasar: Pasar Tradisional Kumbasari, Taman Budaya Arts Centre Bali, Museum Bali, Monumen Bajra Sandhi, Pantai Sanur dan Pura Sakenan
  • Tabanan: Pura Tanah Lot, Alas Kedaton, Danau dan Pura Bedugul, Persawahan Jatiluwih dan Museum Subak Bali
  • Kabupaten Gianyar: Desa Batu Bulan, Tari Barong, Tari Kecak, Desa Celuk, Desa Mas, Monkey Forest Ubud, Desa Ubud, Tegal Alang, Pura Gunung Kawi, Goa Gajah, Pura Tampak Siring dan Pasar Seni Sukawati

Bali Barat: Untuk mencapai kabupaten Buleleng dari Denpasar harus ditempuh sekitar 2,5 jam dengan melewati jalanan berliku dan mendaki. Sementara dari Pelabuhan Gilimanuk, hanya sekitar 1,5 jam.

Tempat Wisata di Bali Barat: http://www.bulelengkab.go.id

  • Air Terjun GitGit: terletak di Desa Gitgit Kecamatan Sukasada. Dari Kota Singaraja berjarak 11 km ke arah selatan menuju Desa Pancasari dan Bedugul. Air terjun yang berketinggian ± 35 meter ini sangat asri dan memiliki panorama yang indah dan berada di lingkungan yang berhawa sejuk.
  • Pantai Lovina: Kawasan Wisata Lovina ini merupakan kawasan wisata pantai dengan daya tarik utamanya pantai dengan air laut yang tenang, pasir berwarna kehitam-hitaman, karang laut dengan ikan-ikan tropisnya dan ikan lumba-lumba dalam habitat aslinya yang dapat dilihat di pagi hari, kurang lebih satu kilometer lepas pantai.
  • Pura Pulaki: Pura Pulaki terletak di Desa Banyu Poh, Kecamatan Grokgak Buleleng sekitar 49 km sebelah barat kota Singaraja.  Nama Pura Pulaki lebih dikenal daripada pura dalem melanting karena sesungguhnya Pura Dalem melanting merupakan kesatuan dari Pura Pulaki
  • Pulau Menjangan: Pulau menjangan merupakan sebuah pulau kecil tanpa penghuni dengan luas kurang lebih 175 hektar terdiri dari karang, batu batuan vulkanik serta tanah vulkanik hitam. Keindahan alam bawah lautnya sangat menarik karena kita dapat menemukan terumbu karang  serta flora dan fauna laut yang berwarna warni.  Dengan kondisi air laut yang tenang dan panorama teluknya sangat mempesona.   Kehidupan bawah laut yang sangat mempesona dengan berbagai jenis ikan laut hias yang hanya ditemukan dibeberapa daerah saja di dunia.  Hampir sekitar 59% dari nilai eksport ikan hias Indonesia berasal dari Pulau Menjangan.
  • Air Panas Banjar: Air Panas Banjar terletak di Desa Banjar, kabupaten Buleleng sekitar 24 kilometer sebelah barat kot Singaraja.  Untuk mencapai lokasinya kita dapat menggunakan kendaraan bermotor dengan kondisi jalan yang cukup bagus.  Air Panas banjar merupakan air panas alam yang dianggap dapat menyembuhkan penyakit.
  • Air Sanih: Air Sanih atau Yeh Sanih adalah tempat wisata yang terletak sekitar 17 km dari Singaraja, Bali. Tempat ini merupakan tempat permandian dengan sumber mata air yang muncul tanpa henti di pojok tenggara kolam renang ini. Mata air ini merupakan aliran sungai dalam tanah yang berasal dari Danau Batur.
  • Pura Ponjok Batu: Daya Tarik Lingkungan Pura Ponjok Batu merupakan sebuah tanjung yang terdiri dari batu dimana dari celah-celah batu tersebut tumbuh pohon kamboja dan semak yang sangat indah. Lokasi Lingkungan Pura Ponjok Batu ini terletak lebih kurang 24 km di sebelah Timur Singaraja, Kecamatan Tejakula.
  • Air Panas Banyuwedang: Air panas ini banyak mengandung belerang dengan rata-rata suhu 40 derajat celcius. Air Panas Banyuwedang terletak di Desa Pejarakan Kecamatan Gerokgak 60 km dari kota Singaraja, dipinggir batas kawasan Taman Nasional Bali Barat.
  • Danau Buyan dan Tamblingan: Danau Buyan dan Danau Tamblingan seolah danau kembar yang memiliki daya tarik yang sangat mempesona. Keaslian alam di kedua danau ini masih sangat dirasakan, misalnya dengan tidak adanya penggunaan perahu bermotor di kedua danau ini.
  • Air Terjun Singsing (Singsing Waterfall): Air Terjun Singsing terletak di Banjar Labuhan Haji Desa Temukus Kecamatan Banjar, 3 km dari Lovina dan 13 km dari Singaraja. Untuk menuju obyek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor sampai ke jurusan desa Tigawarsa.
  • Taman Nasional Bali Barat mempunyai luas 19.002,89 ha. terdiri dari kawasan terestrial seluas 15.587,89 ha. dan kawasan perairan selaus 3.415 ha. Potensi Taman Nasional Bali Barat meliputi berbagai jenis flora dan fauna liar, yang berstatus langka, dilindungi maupun yang keberadaannya masih melimpah, habitat dan letak geomorfologinya serta keindahan alamnya

Rute Bersepeda di Ubud

Satu hal yang cukup mengganggu ketika saya dan teman-teman yang berjilbab datang ke Bali adalah sambutan beberapa orang yang tidak mengenakkan dengan selentingan-selentingan terkait agama bahkan di Ubud ada yang memanggil kami teroris. Sangat menyakitkan memang, yaahh…. Mungkin mereka masih saudara dengan korban Bom Bali. Namun kami juga mendapatkan keramahan yang luar biasa dari petani-petani yang sedang memanen padi di sawah, begitu juga dengan seorang Bli baik hati yang menggambarkan rute bersepeda ketika kami sudah mulai menyerah dengan tanjakan di jalan Suweta. Berkat coret-coretan peta dari Bli yang tidak kami ketahui namanya kami mendapat pengalaman bersepeda yang menakjubkan. Rute bersepeda di Ubud: Jl. Monkey Forest – Jl. Suweta (belok kanan mentok pertigaan belok kanan lagi) – Jl. Tirta Tawar (ikuti terus jalan ini sampai bertemu pertigaan ramai belok kanan) – Jl. Sayan (belok kiri) Jl. Hanoman (berhubung ada 1 temen saya yang demen banget nyasar kami kembali lagi Jl. Sayan dilanjutkan ke Jl. Raya Ubud melewati pasar Ubud dan kembali ke Monkey Forest. Silahkan cek di googlemap rute tersebut, hanya sekitar 12 km dengan setengah perjalanan menanjak ^^

Tempat makan halal di Bali:

Pasti akan bosan sekali kalau hanya berakhir di makanan cepat saji yang sudah terjamin kehalalannya seperti McD, KFC dan Pizza Hut. Kami menemukan cukup banyak tempat makan halal, sebagian besar Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang dan Nasi Padang. Daerah kuta, sanur, singaraja masih cukup mudah mencari makanan halal yang kami rasakan sangat susah adalah ketika menginap di Monkey Forest Ubud, Ubud adalah surganya pecinta babi. Di malam pertama kami berjalan cukup jauh sampai akhirnya dapat info ada Rumah Makan Padang di jalan Hanoman.

Makan Halal di Bali

Sepanjang jalan raya Kuta, By Pass Ngurah Rai banyak tempat makan yang halal, murah dan enak. Di kanan – kiri jalan sambil menuju Toko Oleh-Oleh Krisna terdapat banyak pilihan seperti pecel, ayam goreng, bakso mi ayam, coto makassar, soto lamongan, nasi padang dan sate (di seberang patung gatot kaca dekat bandara ngurah rai)

  • Ayam Bakar Taliwang: Jl. Teuku Umar Denpasar
  • Cak Asmo: Jl. Komodo, Sanglah – Denpasar. (cap-cay, nasi goreng, sea-food, chines food, bakso, siomay)
  • Tulang Lunak Hayam Wuruk: Jl. Hayam Wuruk Denpasar (Presto Ayam, Bebek dan Ikan)
  • Restaurant Cianjur: Renon Denpasar (Khas Sunda)
  • Warung Plengkung, : Jl. Raya Kuta (Ayam dan Ikan Bakar/Goreng)
  • Pawon Pasundan:  Jl Kediri Kuta (Khas Sunda)
  • Warung Bandung:  Jl. Sunset Road Kuta (Khas Sunda)
  • Rumah Makan Madania: Jl. By Pass Ngurah rai, Kuta
  • Natrabu Padang: Jl. By Pass Ngurah Rai Sanur (Khas Padang)
  • Ikan Bakar Jimbaran: Sepanjang Pantai Jimbaran
  • Restaurant Padang: Denpasar, Kuta, Nusa Dua, Jimbaran, Sanur, Legian, Ubud
  • Suling Bali Restaurant:  Jl. Kintamani (Indonesia)
  • Ayam Bakar Taliwang Bedugul: di sekitar danau Bedugul banyak sekali RM Muslim
  • Warung Hijau: Jl. Raya Ubud, Ubud (aneka makanan khas jawa yang super lezat)
  • Rumah Makan Padang: Jl. Hanoman, Ubud
  • Rumah Makan Ibu Lina 1 & 2: dekat pelabuhan Gilimanuk (hanya ada Ayam Betutu, siap-siap kepedesan)
  • Rumah Makan Muslim Pak Haji: Jl. Seririt – Singaraja, dari arah Menjangan kanan jalan (Ikan Bakar dengan sambel super enak)

Daftar Masjid di Bali (source: Bali Muslim):

Denpasar

  • Masjid Al Furqon: Perumahan Kodam IX / Udayana. Jalan PB. Sudirman, Denpasar.  (depan Supermarket Matahari)
  • Masjid An-Nur, Sanglah, Denpasar:  Jl. Diponegoro 167, Denpasar (dekat Rumah Sakit Umum Sanglah)
  • Masjid At-Taqwa, Polda Bali: Jl. WR. Supratman 9, Denpasar (dekatUniversitas Mahasaraswati)
  • Masjid Darussalam: Jalan HOS. Cokroaminoto No. 155 Ubung – Denpasar
  • Masjid At-Taufiq: Asrama Brimob Denpasar
  • Masjid Al-Hikmah: Jl Soka 18, Denpasar.
  • Masjid Raya Ukhuwwah: Jalan Kalimantan No. 19 Denpasar.(dekat Pasar Kumbasari )

Kuta

  • Masjid Nur Hasanah: Jln. Dewi Sartika, Kuta (di depan Pujasera Kuta)
  • Masjid Ar-Rahmat: Kuta, Kab. Badung. (dekat Rumah Makan Taliwang Bersaudara)
  • Masjid Al-Mujahidin: Jl. Raya Kuta, Gg. Rai Yasa, Kuta. (dekat Supermarket Supernova)
  • Masjid Asasut Taqwa: Jalan I Gusti Ngurah Rai. Kampung Bugis, Tuban. (dekat pertigaan Bandara, Kuta dan Nusa Dua)
  • Masjid Al Ikhlas: Jalan Baucau, Komplek Bandara Ngurah Rai. Tuban, Kuta. Kab. Badung. (di dalam komplek perumahan karyawan Angkasa Pura Bandara Ngurah Rai)
  • Masjid Minhajul Athfal: Jl. Kediri, Tuban, Kuta. Kab. Badung. (di dalam komplek perumahan angkatan darat)
  • Masjid Nurul Huda: Jl. Bandara Ngurah Rai. Desa Tuban. Kuta. Kab. Badung. (dekat Patung Gatotkaca )
  • Masjid Baitut Taubah: Masjid Baitut Taubah. Jalan Raya Bandara Ngurah Rai, Tuban, Kuta. Kab. Badung.
  • Masjid Al Amin Kuta: Jalan Raya Tuban, Kompi Senapan A Yonif 900, Tuban, Kuta. Kab. Badung.

Nusa Dua

  • Mushola PKUI Puri GadingPerumahan Puri Gading, di Jimbaran. (sebelum patung Garuda Wisnu Kencana).
  • Masjid Jami’ Mujahidin: Tanjung Benoa. Nusa Dua (sebelum masuk ke pintu gerbang BTDC Nusa Dua)
  • Musholla Al Hidayah: J alan Goa Gong No. 5, Banjar Santhi Karya. Ungasan-Kuta Selatan.  Kab. Badung,
  • Masjid Agung Ibnu Batutah: Jl. Nusadua – Uluwatu (sebelum  Sekolah Tinggi Pariwisata Bali)
  • Masjid Al Fattah: Perumahan Taman Griya, Jimbaran, Nusa Dua.

Tabanan:

  • Masjid Murobithin: Baturiti, Kab. Tabanan (di dalam pemukiman warga Muslim)
  • Masjid Besar Al-Hidayah: Candi Kuning, Bedugul, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.
  • Masjid Agung Tabanan: Jl Kamboja, Tabanan.
  • Masjid Misykatul Huda:  Lokasi: Bajera, Kec. Selemadeg, Kab.Tabanan.

Singaraja, Buleleng:

  • Masjid Taufiq: Jl. Udayana, Singaraja.
  • Masjid Agung Jamik: Jl. Imam Bonjol 65, Singaraja.
  • Masjid Al-Falah: Jl. Raya Singaraja – Denpasar, Desa Pancasari-Sukasada, Buleleng.
  • Masjid Nur: Jl. Erlangga, Singaraja
  • Masjid Nurul Iman: Jl. Raya Singaraja-Seririt Km. 56
  • Masjid Safinatussalam: Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada. Kab. Buleleng.

Jembrana:  Masjid Baitul Qodun: Jl. Gn Puncak Jaya 17, Negara, Kab. Jembrana.
Gianyar: Masjid Agung Al-A’la : Jl Kesatrian 16, Gianyar.
Badung: Musholla Al Hidayah. Jl. Goa Gong No. 5, Banjar Santhi Karya.
Sanur: Masjid Al Ihsaan:  Jl. Hang Tuah, Komplek Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur.

Budget jalan-jalan di Bali

Saya dan teman-teman punya kebiasaan untuk membuat budget secara kasar untuk penginapan, transportasi, tiket dan makan. Uang akan dikumpulkan ke salah seorang teman yang menjadi bendahara 1/3 –1/2 dari budget yang direncanakan agar bendaharanya tidak terbebani dengan membawa banyak uang cash.

Pengeluaran jalan-jalan di Bali Part #2 (2011) bersama 7 temen dan 1 sopir:

1.Penginapan:

  • Hotel di nusa dua, 3 kamar deluxe dan 1 bonus kamar junior suite, 2 malam: Rp. 1.978.000,-
  • Penginapan di Ubud: Malam pertama 2 kamar standard dan 1 kamar garden view, malam kedua 1 kamar standard dan 1 kamar garden view, plus sewa 4 sepeda: Rp. 1.550.000,-

2.Transportasi:

  • Bensin Rp. 280.000,-
  • Mobil dan sopir Rp. 800.000,-
  • Tip sopir Rp. 200.000,-

3.Tiket wisata

  • GWK Rp. 180.000,-
  • Uluwatu Rp. 21.000
  • Kecak Rp.  490.000
  • Parkir uluwatu Rp. 5.000,-
  • Tanah Lot Rp. 57.500,-
  • Taman ayun Rp. 21.000,-
  • Kintamani Rp. 50.000,-

4.Makan

  • Warung Rakyat Rp. 130.500,-
  • Warung ijo Ubud Rp. 88.000,-
  • Warung ijo Ubud Rp. 87.000,-
  • Durian di Ubud Rp. 50.000,-
  • Snack di perjalanan Rp. 233.300,-
  • Warung Padang Ubud Rp. 116.000,-
  • Ayam taliwang di bedugul Rp. 302.000,-
  • Ayam taliwang di kuta Rp. 279.000,-
  • Sate di denpasar Rp. 102.000,-
  • Kopi BAS Tp. 120.000,-

Total pengeluaran: Rp. 7.140.300,-

Pengeluaran jalan-jalan di Bali Part #2 (2011) bersama 4 teman dan 1 sopir:

1. Penginapan: 2 kamar standar dengan twin single bed dan 1 kamar single bed Rp. 320.000,-

2. Transportasi:

  • Mobil & Sopir: Rp. 900.000,-
  • Tips Sopir: RP. 100.000,-
  • Bensin: 350.000,-
  • Feri Ketapang – Gilimanuk – Ketapang : Rp. 228.000,-

3. Tiket Wisata

  • Sewa Kapal + Sewa 3 Snorkel + Sewa 4 Pin + Guide di Menjangan: Rp. 560.000,-
  • Banyuwedang untuk 4 orang: Rp. 100.000,- (di hitung per orang bukan sewa kolam/jam)
  • Melihat lumba-luma di Lovina: Rp. 300.000,- (Rp. 60.000/orang)
  • Tiket Masuk Pasir Putih Situbondo: HTM: Rp. 6.000/orang, Mobil Rp. 3000,

4. Makan

  • Snack di perjalanan: Rp. 44.000,-
  • Kopi, mie dan mangga di warung sekitar Paiton: Rp. 44.000,-
  • Sarapan di Pulau Menjangan: Rp. 74.000,-
  • Kopi di Banyuwedhang: Rp. 9.000,-
  • Makan siang di Warung Muslim Jl.Seririt – Singaraja: Rp. 95.000,-
  • Makan malam di sekitar Singaraja: Rp. 63.000,-
  • Ayam betutu Ibu Lina: Rp. 144.000,-
  • Kelapa muda dan mangga di Situbondo: Rp. 67.000,-
  • Makan malam sate ponorogo di jl. Dharmawangsa Surabaya: Rp. 90.000,-
Total Pengeluaran: Rp. 3.488.000,-
Selamat berlibur di pulau Dewata ;)

This entry was posted in Bali. Bookmark the permalink.

34 Responses to Panduan Wisata Bali (Jalan-Jalan di Bali)

  1. Pingback: Panduan Wisata Bali (Persiapan) | NdahSaja

  2. chuz says:

    Minta tolong info (dan diingat2 juga) hotel di bali sekitar kuta/legian/apt ngurah rai yg tarif ny max 150rb/r/n. Kl tdk salah sy baca anda agak lupa nama hotel .sy rencana ny akn ke bali 17feb 2012. trm ksh

    • ndahdien says:

      Maaf sekali, perjalanan pertama sudah sangat lama jadi sudah lupa. harga 150 ribu itu harga tahun 2004. lokasi hotel di jalan legian, menghadap ke pantai kuta antara edward forrer – ground zero dengan ciri bangunan batu bata merah.

  3. saparudion says:

    ahahahhaa gila itu rute sepedanya bikin betis segede talas deh
    *klo gue milih geber mio aja*
    ahahahhaha

  4. nita says:

    mba…mau minta pengalamannya di stusio one hotel…recommended ga ya?

    tq

    • ndahdien says:

      gak tau apa krn saat itu baru buka shg masih belum beres semua, menurut saya sih kurang recommended. apalagi di sekitar hotel juga sepi, kurang nyaman buat jalan malem.

  5. nita says:

    breakfastnya gimana mba???

  6. Pingback: Panduan Wisata Belitung | Ndah

  7. lely says:

    Warung hijau yg di jl raya ubud itu tepatnya di sebelah mana ya mbak?
    buka mulai jam brp? n range harganya brp?
    thx u

    • ndahdien says:

      jam bukanya kurang tahu, waktu itu kami ke warung Ijo siang dan malam hari (jam 7-an). harganya tergantung dari menu/lauk apa aja yg qt makan. lokasinya kalau dari monkey forest setelah pasar ubud, kanan jalan.
      bisa di lihat di catatan pengeluaran, makan di warung ijo u’ ber-7 habis 87-88 ribu. sekitar 11 ribu per orang.

  8. Puji Pangestuti says:

    Ndah, kasih ittenary loe masih ada gak?

  9. indah says:

    tempat ibadah/masjid kayaknya blm dipostingkan ya..

    • ndahdien says:

      lokasi masjid saya kurang tahu, biasanya qt sholat di penginapan, masjid di daerah kuta, masjid di denpasar, tapi lokasi tepatnya saya tidak tahu.

  10. ito says:

    terima kasih info nya..
    lengkap info nya… Salut..

  11. Pingback: Panduan Wisata Bali (Persiapan) | Ndah

  12. Mhira says:

    ndah…mau nanya.. ndah kerja di travel yah???? apa mmg sering nanganin masalah tour di Bali???

  13. Mhira says:

    ndah email nya apa?????

  14. ik says:

    Di nusa dua klo rumah makan yg dijamin halal di mana ya kak?

  15. @BimaZakaria says:

    Panduan Wisata Bali (Jalan-Jalan di Bali) http://t.co/uPUR27sj lewat @sharethis

  16. Info yang sangat menarik bagus banget…

  17. wah jalan-jalan yang sangat seru….pengeluarannya kelihatan banyak juga ya….

  18. raden says:

    keliatannya seru bgt perjalanan wisata sista w/ friends…
    makasih ya sist bt info2 nya, lumayan lengkap and akurat…
    kl mmg memungkinkan. ditunggu info wisata ke raja ampat nya….hehehe…
    love travel, love advanture, love indonesia….

  19. joeliaani says:

    mbak punten aku copas tempat2 wisatanya untuk temen ku yg mau berkunjung ke bali trimakasih :)

  20. bux says:

    mantab review nya dari semua penjuru nih….ijin kopas yah buat di web saya…makasih.. untuk urusan mesjid dan lainnya saya bantu untuk lengkapi…yang saya tau ada di :

    denpasar :
    mesjid agung di sekitar renon
    kuta :
    agak masuk dikit di jalan tuban dekat bandara
    sanur :
    belakang sanur paradise dekat perempatan kfc sanur
    seminyak kayanya gak ada ya sejauh ini saya cari2

    untuk makanan halal selama warungnya bertemakan lokasi di jawa itu halal kok, jgn takut untuk makan, nasi djinggo nya juga halal selama isinya ayam dan yg jual juga banyakan muslim

    • Ndah says:

      Makasih infonya, jadi ngingetin saya untuk update info masjid di Bali. Daftarnya sudah saya lengkapi semoga bermanfaat untuk wisatawan muslim ;)

  21. Saya tidak rekomendasikan untuk makanan di yang ada unsur chinnese food itu, karena sangat samar/abu-abu mengenai asal dari pemiliknya, yang memakai nama Jawa. Hanya mengingatkan saja, mudah2an bermanfaat. Sangat dianjurkan untuk lebih hati-hati menikmati makanan di Bali, terutama di hotel-hotel, karena harga jual babi itu lebih murah daripada sapi, dan babi ketika dimasak bisa menghasilkan minyak. Untuk mesjid di Denpasar, tambahan ada Mesjid di Perumnas Monang-Maning namanya Mesjid Al Ikhlas, Jalan Batukaru, Monang-Maning. Denpasar.

  22. Makasih ya infonya, bermanfaat banget…..
    Apalagi buat orang yang suka liburan kaya saya :)

Leave a Reply