Panduan Wisata Bromo – Pekalen – Sempu

Pagi di Pananjakan

Hampir semua tempat yang saya kunjungi tidak pernah jauh-jauh dari pantai. Saya memang sangat mencintai pantai (walaupun tidak bisa berenang!) dan kurang menyukai wisata gunung, bukan karena pemandangannya tidak cantik melainkan lebih karena medan yang cukup berat membutuhkan waktu lebih banyak dan tenaga yang lebih kuat. Intinya…. Iya, saya manja! Tapi tidak dengan 1 gunung favorit saya ini, untuk mencapainya tinggal mengorbankan sedikit waktu tidur untuk bangun lebih pagi kemudian naik jeep dan sampailah saya di kawasan wisata gunung yang menurut www.lonelyplanet.com pada April 2010 lalu ditetapkan sebagai Gunung terbaik nomor 3 sedunia!! Tidak ada lain, gunung tersebut adalah GUNUNG BROMO. Silahkan anda memilih untuk jalan-jalan dengan tiket promo murah ke seluruh penjara Asia, tapi kenyataannya tempat wisata terbaik masih ada di negeri sendiri, Indonesia. Dan impian saya adalah mengunjungi setiap pulau besar di Indonesia sebelum menginjakkan kaki ke negeri orang (kecuali tanah suci Mekah tentu saja, amiiin).

Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif, terletak ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Di kawasan wisata ini dapat menikmati sunrise di Pananjakan, Kawan Bromo, Gunung Batok, Lautan Pasir, Savana dan Bukit Teletubbies. Masih 1 jalur menuju ke Bromo dari arah Probolinggo juga terdapat air terjun madakaripura. Perjalanan saya ke Bromo mengikuti sebuah travel agent yang menawarkan trip wisata ke Porong – Gunung Bromo – Air Terjun Madakaripura – Rafting di Sungai Pekalen – (transit di Malang dan lanjut ke) Pulau Sempu. Sayangnya air terjun Madakaripura saat itu sedang di tutup karena bahaya longsor.

Transportasi menuju Bromo:

Dari manapun anda silahkan cari transportasi menuju Probolinggo/Malang/Surabaya, pesawat mungkin plilihan terbaik menuju Surabaya karena hemat waktu dan jika mendapatkan tiket promo hemat biaya juga.


Surabaya:

Dari terminal Bungurasih naik Bus Jurusan Malang/Probolinggo.

Malang:

  • Dari terminal Arjosari Malang naik bus jurusan Jember turun di Probolinggo.
  • Naik Bus Patas Malang – Jember turun di terminal “Banyuasih” Probolinggo dengan tarif Rp. 23.000,-. Sebaiknya turun sebelum masuk terminal (bilang ke kondektur mau ke Bromo) tempat angkutan Bromo mangkal.
  • Elf/mobil khusus menuju kawasan Cemoro Lawang dengan tarif Rp. 25.000,-. ELF Probolinggo – Bromo hanya beroperasi mulai pukul 06.00 – 19.00 WIB, setelah itu tidak ada angkutan lagi kecuali ojek atau sewa ELF.

Probolinggo:

  • Bus: Lorena/Pahala Kencana (Jakarta – Probolinggo) dengan tarif Rp. 220.000 – Rp. 250.000 turun di terminal Probolinggo.
  • Elf/mobil khusus menuju kawasan Cemoro Lawang dengan tarif Rp. 25.000,-
  • Bagaimana jika kemalaman dan tidak ada ELF seperti yang di alami teman saya? Jangan ragu untuk naik Ojek, Rp. 100.000,- sahaja $_$
  •  Kereta: Stasiun Probolinggo berada di antara stasiun Jember dan Pasuruan. Perhatikan urutan stasiunnya: Stasiun Kalibaru, Kalisat, Jember, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng. Kereta api yang berhenti di stasiun Probolinggo antara lain:
    • Mutiara Timur (Surabaya – Banyuwangi): Tarif: Rp. 60.000 – Rp. 80.000,-, berangkat dari stasiun Surabaya Gubeng pukul 09.00 WIB dan 22.30 WIB
    • Logawa (Purwokerto – Surabaya – Jember): Tarif: Rp. 46.000,-, berangkat dari Stasiun Purwokerto pukul 06.00 WIB tiba di Probolinggo kurang lebih pukul 21.00 WIB.
    • Sri Tanjung (Yogyakarta – Surabaya – Banyuwangi): Tarif: Rp. 40.000,-, berangkat dari Stasiun Jogja LEMPUYANGAN pukul 07.30 WIB sedangkan dari Banyuwangi berangkat Pkl. 06.00 WIB.
    • Mulai 21 September 2012, wisatawan dari jogja yang ingin ke Malang akan lebih mudah dengan dioperasikannya KA Malioboro Ekspres. KA Malioboro Ekspres jurusan Jogja – Malang (via Blitar dan Madiun)merupakan kereta campuran yang menyediakan tiga gerbong kelas eksekutif dan tiga gerbong ekonomi AC, dengan total penumpang yang bisa diangkut sejumlah 390 orang. Rinciannya, 150 kursi untuk kelas eksekutif dan 240 untuk ekonomi AC. Jadwal KA Malioboro Express dari stasiun Kotabaru Malang pukul 09.30 WIB dan tiba di Jogja pukul 16.19 WIB. Sedangkan jadwal keberangkatan dari Jogja pukul 21.00 WIB dan tiba di Malang pukul 03.53 WIB. Tarif KA Malioboro Ekspress terdiri dari kereta ekonomi AC Rp 125.000,- dan eksekutif sebesar Rp 175.000,-.
    • Jadwal kereta lengkap bisa dilihat di wikipedia : http://id.wikipedia.org/wiki/Jadwal_kereta_api_di_Indonesia

Transportasi selama di Bromo:

Sewa jeep rute normal (penginapan – cemoro lawang – pananjakan – gunung bromo – kembali ke penginapan) dengan jadwal pukul 03.30 – 08.00 WIB. Tarif yang dikenakan sekitar Rp. 275.000 – 350.000/mobil untuk kapasitas 5 – 6 orang (silahkan di tawar), jika ada tujuan lainnya bisa nego langsung ke sopirnya. Untuk ke savanna/bukit teletubbies tambah ongkos Rp. 150.000,- langsung diberikan ke sopirnya. Penginapan biasanya sudah mempunyai kerjasama dengan penyewaan jeep, jadi tinggal hubungi penginapannya saja. Pastikan jeep sudah mengisi bensin sebelumnya agar waktu tidak terbuang lama di perjalanan.

Daftar Penginapan di Bromo, source: www.indotravelers.com dan http://probolinggo.eastjava.com/

  •  Cafe Lava, Cemorolawang, Ngadisari Probolinggo, Phone +62-335 541020 – 541009: Lokasinya sangat dekat dengan pintu masuk taman nasional. Dengan harga yang relatif murah (sekitar Rp. 120.000 / kamar), penginapan ini cocok untuk anda yang ingin sedikit berhemat.
  •  Cemara Indah, Cemorolawang, Ngadisari Probolinggo. Phone +62-335 541019 : Penginapan ini memiliki pemandangan langsung ke gunung Bromo serta kamar mandi dilengkapi dengan air panas. Kekurangannya ialah beberapa travelers memiliki pengalaman buruk dengan mahalnya biaya sewa travel / kendaraan ke Bromo. Harga kamar berkisar Rp 200.000 s/d 600.000.
  •  Hotel Bromo Permai, Jl Raya Cemoro Lawang, Ngadisari. Phone : +62 335 23459: Lokasinya cukup strategis tetapi harga tiap kamarnya relatif lebih mahal dibanding penginapan-penginapan lain di sekitarnya.
  •  Lava View Lodge, Cemoro Lawang. Phone : +62 335 541009 : Merupakan hotel yang paling berkelas di daerah Cemoro Lawang walaupun sepertinya sedikit terlihat lebih baik dari luar dibanding di dalamnya. Memiliki kamar-kamar yang bersih dan dilengkapi dengan air panas untuk mandi. Harga sekitar Rp. 375.000 / malam. Makananannya enak dan pemandangan di depan hotel luar biasa indahnya…. Serasa bromo milik saya eh pengunjung hotel ini saja^^
  •  Yoschi’s, Phone : +62 335 541018 : Merupakan penginapan yang cukup melegenda di kalangan backpackers (khususnya backpacker luar negeri). Berlokasi sekitar 3 Km dari Cemoro Lawang dengan harga sekitar Rp. 175.000 / malam.  Lokasinya masih cukup jauh dari lautan pasir.
  •  Java Banana Bromo, Jl Raya Bromo, Wonotoro, Sukapura, Probolinggo. Phone: +62 335 541193 :  Sebuah hotel butik yang nyaman dengan pemandangan yang indah. Java Banana Bromo adalah sebuah pondokan sekaligus kafe dan galeri, juga menawarkan penyewaan sepeda gunung apabila anda ingin berpetualang di Bromo dengan menggunakan MTB. Harga mulai dari Rp 650.000 sudah termasuk perjalanan dengan jeep 4×4 ke Gunung Bromo.
  •  Grand Bromo Hotel (sebelumnya bernama Hotel Raya Bromo), Desa Sukapura, Probolinggo. Phone: +62 335 581103 : Merupakan hotel kedua terbesar dan termewah yang ada di kawasan Bromo setelah Java Banana. Berlokasi di Sukapura, sekitar satu jam perjalanan dari Cemoro Lawang. Harga sekitar Rp. 600.000 sudah termasuk tour ke Bromo.
  •  Bromo Cottages, Tosari, Pasuaran, Phone: +62 335 515253 : Walaupun bernama cottages, sebenarnya Bromo Cottages merupakan hotel kelas atas dengan sekitar 100 kamar. Tersedia layanan penyewaan mobil dan jasa wisata / tour. Harga mulai sekitar Rp. 600.000.
  •  Bromo Surya Indah Homestay, Desa Wonokitri, Phone: +62 343 571049 : Sebuah penginapan sederhana dengan lokasi yang cukup strategis untuk melihat pemandangan Bromo. Cocok untuk anda yang ingin berhemat dengan harga sekitar Rp. 120.000 / malam.
  •  Homestay and Cafe Tengger Permai, Jalan Bromo Cemoro Lawang-Ngadisari kec. Sukapura kab. Probolinggo. Phone: 085258140127 : Kamar berukuran besar dan berisi 5 tempat tidur. Di dalamnya hanya terdapat sebuah lemari dan penerangan dua lampu. Kamar mandi tidak disediakan di dalam, tidak tersedia TV dan air hangat. Harga tahun 2010: Mulai Rp 40.000,-/kamar atau Rp 20.000,-/orang.
  •  Bromo Home Stay: Jl. Ngadisari Probolinggo, Phone : +62 335 541022
  • Bromo Permai I: Cemorolawang, Ngadisari Probolinggo. Phone +62-335 541021
  • Raya Bromo: Desa Sukapura Probolinggo, Phone +62-335 581108,581105
  • Sakura: Jl. Panglima Sudirman, Kraksaan, Phone +62-335 841257
  • Sang Dimur: Desa Ngepung – Sukapura – Probolinggo, Phone +62-335 581193
  • Saragih: Jl. Raya Paiton Probolinggo, Phone +62-335 843020
  • Dhimas: Jl. Raya Dringu 55 Probolinggo, Phone +62-335 425357
  • New Panorama: Jl. Raya Lemah Kembar Probolinggo, Phone +62-335 421517
  • Ucik Tengger: Desa Wonotoro – Ngadisari, Phone +62-335 541014 , 428306.  Fax. +62-335 431491
  • Sukapura Hotel: Jl. Raya Bromo 135 Sukapura Probolinggo, Phone +62-335 561067

Dan masih banyak lagi rumah penduduk yang juga digunakan sebagai penginapan seperti juga rumah milik Ibu/Bpk Mulyadi : 0856-46479409 / 0341-2133313. Untuk Hotel Cemoro Lawang tahun 2010 mematok harga Rp. 125.000 dengan kamar mandi luar. Di depannya ada Home Stay Setia Kawan dengan tarif Rp.100.000. Saat peak season harga biasanya naik.

Perlengkapan wajib ke Bromo:

  1.  Jacket tebal, sweater
  2. Sarung tangan/glove
  3. Kaos kaki
  4. Penutup kepala

Saya sendiri yang kurang tahan dingin mengenakan legging + celana jeans (lebih nyaman dengan celana cargo tapi gak bawa), sweater tipis + jacket, sarung tangan, kaos kaki + sepatu, penutup kepalanya cukup pake jilbab aja^^ Cuaca di Bromo memang sangat dingin, airnya seperti keluar dari freezer sehingga saya berhemat wudhu (berusaha tidak sampai batal misal dari maghrib – isya) tapi untungnya untuk mandi ada air hangat. Setelah turun dari Pananjakan dan menuju lautan pasir Bromo udara mulai panas dengan udara yang sejuk, jadi jacket sudah bisa di lepas.

Bromo

Malam di Bromo saya dan 4 teman lainnya yang kemudian menjadi sangat dekat dan dari jalinan “hey, nih kenalin temen gw” akhirnya terbentuk persahabatan 12 ce’ dalam Genk SP hanya berkumpul di kamar sambil mengawali persahabatan dengan gossip!! Yeaahh… women! Udara sangat dingin dan kami tidak melihat ada kehidupan/kehebohan di sekitar tempat kami menginap jadi kami memilih untuk tetap di kamar. Pukul 02.30 kami dibangunkan untuk bersiap menjemput matahari. Jalanan masih gelap dengan jalur sempit dan berkelak kelok naik turun tanpa tahu bahwa di pinggir jalan terdapat jurang, kami semua terpana dengan indahnya langit di atas Bromo. Subhannallah…. Jutaan bintang tergelar di langit bagai Kristal Swarovski terhampar berserakan di permadani. Seandainya perjalanan kami bertepatan dengan malam bulan purnama pemandangannya mungkin akan semakin mempesona, tapi melihat bintang dalam jumlah yang teramat sangat banyak sudah merupakan anugerah Tuhan yang sangat saya syukuri.

Setiba di Pananjakan ternyata sudah banyak sekali orang yang berkumpul menanti matahari terbit. Wisatawan bule dengan santainya hanya mengenakan pakaian casual tanpa baju tebal seperti kami wisatawan lokal, bahkan ada sepasang pengantin melakukan foto entah prewed/poswed dengan baju pengantin terbuka di bagian atas… semoga sepulang dari pananjakan pengantin wanitanya tidak minta kerokan :D

Pukul 05.00 WIB semburat merah mulai muncul, orang-orang mulai berebutan memilih tempat paling strategis untuk berfoto. Seperti apa keindahan Bromo, saya yakin foto-foto cantik bromo yang bertebaran di website sudah sangat anda kenali. Foto saya sendiri…. Hmm… bermodal kamera saku sepertinya masih sangat kurang kualiatasnya :(

Turun dari Penanjakan, kami sempat berhenti di sebuah lokasi yang sangat fotogenic, tentu saja tidak ada yang melewatkan kesempatan untuk turun dari jeep dan mengabadikan kecantikan Bromo dari jauh, selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo. Jeep berhenti di parkiran dan kami melanjutkan perjalanan mencapai puncak kawah ada yang berjalan kaki ada yang naik kuda, saya yang pemalas ini memilihi naik kuda dengan membayar Rp. 75.000,- PP. Tenaga saya simpan sebaik-baiknya untuk menaiki 250 (?) anak tangga yang terjal dan menguras tenaga. Sampai di puncak Bromo kita bisa menyaksikan lautan pasir, savana dengan latar belakang perbukitan, gunung batok dan tentu saja kawah bromo.

Suatu Pagi di Bromo

Rafting di Pekalen Atas

Berhubung saat ke Pekalen saya tidak naik angkutan umum dan kurang tahu jalur transportasi dari Bromo mungkin akan lebih baik kembali menuju ke terminal Probolinggo dulu dan melanjutkan naik angkutan ke arah Gending (perjalanan kurnag lebih 10 km), dari Gending ganti angkutan ke arah Kleneng kemudian naik ojek ke base camp rafting yang anda pilih.

Peta Wisata Probolinggo (klik gambar untuk ukuran sebenarnya)Informasi transportasi dan wisata probolinggo cukup sulit saya peroleh bahkan ketika membuka website pemda probolinggo tidak tercantum Pekalen sebagai salah satu tempat tujuan wisata dan sarana transportasi yang ada hanyalah data panjang jalan dan jenis jalan. Sebuah masukan untuk pengelola website pemerintah agar memberikan informasi yang mendukung perkembangan wisata daerah sehingga menggalakkan wisata bukan hanya sebuah program masuk rekor MURI atau potong pita dan pecah kendil melainkan menyediakan informasi yang dibutuhkan wisatawan. Sebagai pegangan berjalan-jalan di Probolinggo terdapat peta wisata probolinggo di website wisata probolinggo, klik pada gambar untuk ukuran gambar sebenarnya.

Dibandingkan dengan sensasi rafting di sungai Citatih (Jawa Barat), Pekalen memiliki jeram yang jauh lebih menantang. Selain bromo, madakaripura dan sungai pekalen, Probolinggo juga masih memiliki banyak tempat tujuan wisata lain seperti Gili Ketapang, Pantai Bentar Beach, Danau Ronggojalu, Danau Ranu Agung, Danau Ranu Segaran, agro wisata dan candi.

Rafting di Pekalen – Probolinggo

Pulau Sempu – Segara Anakan

Setelah puas berteriak dan berbasah-basahan di sungai Pekalen kami melanjutkan perjalanan ke Malang. Di Malang kami hanya bermalam karena keesokan paginya kami akan menuju Pulau Sempu. Pulau Sempu merupakan kawasan cagar alam yang terletak di ujung selatan kota Malang, jaraknya kurang lebih 60 kilometer. Perjalanan menuju Pulau Sempu melewati daerah perbukitan yang berkelok-kelok dengan jalanan yang sempit. Sangat tidak disarankan menyewa bus besar ke Pulau Sempu karena akan lebih lambat.

Transportasi Malang – Pulau Sempu yang digunakan temen saya Danang, Titik & Samhoed:

  • Dari terminal Arjosari Malang naik angkutan menuju terminal Gadang naik angkot AG atau angkot apapun yang ada ada huruf “G” (Gadang). Ongkosnya Rp.2.500 tapi kadang jika tahu kita wisatawan akan di tarik ongkos 2 kali lipatnya. Bayar saja, daripada diturunin di jalan hehehe…
  • Dari terminal Gadang dilanjutkan naik bus kecil ke arah turun di Pasar Turen, lagi-lagi ongkos bisa bervariasi tergantung angkutannya sekitar Rp. 3.000 – Rp. 5.000.
  • Dari pasar Turen masih ada 1 chapter perjalanan lagi menuju Sendang Biru, kali ini naik angkot biru dengan tariff Rp. 12.000,- (nunggu sampai penuh, lama perjalanan 1,5 – 2 jam). Jadwal angkot di sini tidak sampai malam, setelah maghrib hanya ada ojek yang tersedia. Ongkos naik ojek Pasar Turen – Sendang Biru: Siang Rp.35.000 – 50.000, Malam Rp. 50.000 – 75.000 dengan lama perjalanan 1 – 1.5 jam :D

Cara menikmati Pulau Sempu dengan lebih enak menurut teman-teman saya adalah dengan bermalam dulu di Wisma Wisata milik Perhutani sehingga dapat sepagi mungkin ke Segara Anakan. Atau bagi yang menyukai camping tentu saja memilih bermalam di segara Anakan. Penginapan di Pulau Sempu adalah Wisma Wisata yang terletak di depan Dinas Kehutanan, tarifnya Rp. 90.000,-/malam. Siapkan nyali lebih untuk bermalam disini, kata nusy dan dian agak creepy^^ untuk pemesanan silahkan hubungi nomor 081334918830.

Tiket masuk ke Sempu hanya Rp. 5.000,-. Pulau Sempu sebenarnya tertutup untuk kunjungan yang bersifat wisata dan untuk memasuki pulau tersebut harus memiliki SIMAKSI, yaitu Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi yang bisa diurus di Jl. Bandara Juanda, Surabaya.  Haruskan kembali ke Juanda? Hmm… mungkin patut di coba wisatawan yang baru akan ke Sempu, coba saja dapatkan SIMAKSI tersebut dan apakah ketika akan masuk Sempu masih dimintai “Surat Ijin Khusus”? Sebagai ganti SIMAKSI dari petugas pos jaga, kita akan memperoleh “Surat Ijin Khusus” dengan mengisi formulir, buku tamu dan…. uang secara sukarela (Rp 20.000 – Rp. 50.000, tergantung jumlah rombongan dan kebaikan hati pengunjung). Jika membutuhkan pemandu dapat menggunakan jasa pemandu dengan biaya Rp 100.000/grup biasanya dipakai oleh 10 – 15 orang pengunjung, jasa porter (angkut barang) Rp.150.000. Tarif penyeberangan Rp. 100.000,-/perahu PP (bisa untuk 12 orang). Jangan lupa untuk meminta nomor telfon pemilik perahu agar dapat janjian dimana dan kapan di jemput kembali, karena kadang karena airnya surut titik penjemputan berpindah dari titik awal kedatangan.

Banyak yang menyamakan Segara Anakan seperti Phi Phi Island di Thailand karena lokasinya yang masih tersembunyi. Segara Anakan terlindung dari laut oleh tebing-tebing karang yang mengelilinginya, di salah satu tebing tersebut terdapat lubang tempat air laut mengalir masuk. Waktu terbaik menikmati Segara Anakan adalah pagi hari saat air laut banyak mengisi segara tersebut, semakin siang air laut semakin surut sehingga permukaan air di Segara Anakan juga semakin menurun dan akan terlihat karang dan batuan dasar segara Anakan yang kehijauan. Walaupun surut di beberapa bagian masih cukup dalam, beberapa teman saya asyik berenang dan snorkeling. Yang perlu diperhatikan ketika menuju Segara Anakan adalah…. Ini Bukan Sekedar Tracking Biasa!! Siapkan diri untuk melintasi jalanan setapak yang licin dan berlumpur, kalo perlu siapkan alas kaki double karena sebagain teman saya dengan sandal gunung mahalnya jebol. Sementara saya yang sok cantik make sandal tris*t dengan sol sandal setebal 2 cm dan bergerigi menjadi juara pertama tanpa kepleset apalagi jebol. Sebagian besar anggota rombongan kami memang tidak ada yang menyangka tracking akan seberat itu, karena Tour Leadernya sendiri belum pernah ke sini. Bagian terberat adalah ketika melintasi jembatan kayu yang sangat licin dan kemudian sedikit menanjak, benar-benar dibutuhkan kegigihan dan kerjasama yang baik. Beruntunglah wisatawan yang mengunjungi Pulau Sempu saat kawasan ini tidak di guyur hujan. Namun perjalanan yang berat tersebut akan dibayar dengan pemandangan Segara Anakan yang luar biasa cantik, air bening dan tenang berwarna kehijauan, pasir putih, hutan lebat nan sejuk, tebing yang mendebarkan dan deburan ombak laut biru tua di balik tebing.

Pulau Sempu – Segara Anakan

Jika memiliki banyak waktu akan lebih baik jika camping di Segara Anakan, terbayang kan indahnya bermalam di di pulau terpencil memandangi langit penuh bintang atau bulan purnama, atau jika beruntung di bulan Agustus – September dapat melihat kawanan lumba-lumba menari di laut lepas. Selain itu, dapat mengunjungi tiga pantai terpencil lain di Pulau Sempu yang sangat jarang didatangi orang seperti pantai Kembar 1, pantai Kembar 2, dan pantai panjang. Untuk keperluan camping wajib membawa air mineral dalam jumlah mencukupi, mie instan, roti dan aksesoriesnya (sosis, selai, susu, keju), buah-buahan, snack ringan, kompor mini, sleeping bag dan tentu saja tenda.

This entry was posted in Jawa Timur, Traveling. Bookmark the permalink.

47 Responses to Panduan Wisata Bromo – Pekalen – Sempu

  1. dansapar says:

    Gue nginep di wisma wisata gk papa kok
    *sok berani
    *padahal sekamar berdua

    hahahaha

  2. Pingback: Panduan Wisata Pantai Lampung, Way Kambas, Krakatau, Kiluan | NdahSaja

  3. salahkamar says:

    Sebenernya udah “ngebet” banget pengen ke Bromo, tapi dana terbatas. Lagi cari solusi dana sewa jeep sama sewa penginapan.

  4. lenny says:

    Thanks banget infonya ya sist…….sangat2 membantu tuk panduan kita ke Bromo.Saya dan teman2 rencana akan kesana akhir september ini…….

  5. ndahdien says:

    @ indri: dl aq ke bromo ikut travel agent dan berangkat rombongan sekitar 40 orang jd kurang tahu budget buat ber-2. coba aja di susun dari estimasi biaya transportasi dan akomadasi yang udah aq tulis. kalo mau sharing dgn rombongan lain terutama u’ cost sewa jeep ke pananjakan dan bromo. selamat ngutak ngatik budget $_$

  6. riris says:

    pgn bgd besok tgl 28 des ke sempu brdua sma tmn sya,kira2 dri jogja ke sempu utk 3 hri 3 mlm trmsuk prjalanan habis biaya brp ya,tq info nya

    • ndahdien says:

      sorry riris, but i can’t help you
      disini kan udah ada info rute & harga, silahkan di susun sendiri itinerary perjalanan ririn karena yg paling tau kisaran biaya perjalanan tentu saja yg akan pergi jalan.
      selamat menyusun iten ;)

  7. kiimci says:

    wow.. great info..
    rencananya sih bulan depan mau ke sempu..
    cuma masih ragu sm perijinannya pas mau ke sempu.. apakah memang harus punya SIMAKSI atau gmn ya sist? soalnya denger-denger ngurus SIMAKSI agak ribet ya,,
    thankyou…

    • ndahdien says:

      belum tahu jg ribet ato enggaknya ngurus SIMAKSI. dari pengalamanku n temen2 yg laen sih gak ada yg bawa/mengurus SIMAKSI, nyampe di pos jaga ngangguk2 aja dengerin penjelasan bpk penjaga terus mengisi formulir ijin khusus n bayar sukarela. kalo kiimci mo coba2 ngurus SIMAKSI monggo aja, nanti sharing pengalamannya ya ;)

  8. Zizikmi says:

    Gilaaaaaaaaaaa bacanya sampai terharu.. Informasi komplit!!! Hebat…
    Terima kasih banyak sudah berbagi mba.
    Rencananya kami akan Ke Bromo bulan April mendatang,masih mencari transportasi Dari Surabaya juga penginapan yang nyaman,walaupun pkl.3 am akan dibangunkan utk bersiap2 Ke Bromo.
    Lain Kali bila Akan traveling keliling Indonesia,kabari ya mba..siapa tau saya bisa ikutan.

    Salam,

    • ndahdien says:

      hahhaaa masa sampe terharu…. laptop-nya bisa konslet dunx kena banjir airmata :D

      insyaallah april ini mo ke aceh dan medan, toraja/wakatobi mungkin setelah lebaran.

  9. Ansar says:

    Makasih informasinya lengkap sekali. Harus di bookmark nih

  10. ary anggraeni says:

    sist kereen bgt..
    bisa ikutan bareng gak sist.. :)

  11. aliffia says:

    kapan ya bisa jalan” kebromo…peenggeeennn.

  12. Anne says:

    Saya rencana reservasi kamar di Ucik Tengger utk awal Juli 2012. Tp nyari komen tamu2 kok gak pernah ada. Kalo ada yg pernah ke sana, selain kesan2nya ttg kebersihan hotel, mohon bisa di-share foto2 kamar tidur & kmr mandinya. Sy perlu banget nih sebelum mutusin utk nginep di situ atw tidak. Tq banget ya.

    Salam,
    Anne

  13. Andrean says:

    Nice info…
    Tips unt menangkal dingin, gak perlu jaket tebal. Bawa aja minuman ginseng yg didalam botolnya ada akarnya. 20 menit setelah minum, badan dijamin hangat (dari dalam) dan hawa dingin bakal gak terasa lagi. Minuman Ginseng ini bisa dibeli di toko2 obat china. Murah, ada yg harganya 20rb/botol. Pastikan yg non-alkohol ya…

  14. mohd ikbal hashim says:

    Assalamualaikum wm,wbkt.

    Info yang sangat berguna dan bisa membantu, saya dari Malaysia, cadangnya mau ke Surabaya sekitar 9 March 2013 hingga 16 March 2013 bersama keluarga sekitar 8 org, kalau bisa turut serta dengan kami pada tanggal tersebut kami pastinya gembira, tentang biaya perjalanan, makan minum dan penginapan bisa kami saja yang uruskan. Atau bisa rekomen sesiapa saja rakan yang boleh membantu. Cadang untuk menginap di Bromo sekitar 2hari 1 malam, mohon agar dapat maklum balas, terima kasih

  15. pengalaman bermalam di bromo sangat menyenangkan dan mengesankan
    cerita dikit nih ya
    berangkat dari malang siang hari sekitar jam 1
    nyampe bromo sore hari
    niatnya sih gak mau cari penginapan karena keterbatasan dana
    namun hawa saat itu sangatlah dingin
    lalu tawar menawar dengan salah seorang warga yang akan menyewakan rumahnya semalam
    lalu deal Rp.150.000 per malam
    jadi kami ber 10 orang iuran Rp.15.000/orang
    lumayan murah ya
    lalu di pagi hari lihat matahari terbit yang indah banget
    yang di lanjutkan perjalanan menuju kawah gunung bromo
    BROMO IS BEAUTIFUL
    sekian

  16. @Aruvisa says:

    @ariefhary @ahmdnurhadi @ganangsurya @adipta_w @gustiimamputra @aswinabel Info wisata bromo ! http://t.co/G4mJlGmH sama http://t.co/ud3afKor

  17. Saya dan isteri berencana wisata ke bromo pada tanggal 24 September 2012 ini berangkat dari Balikpapan ke bandara Juanda Surabaya pukul 08.55 WITA. Untuk menghemat biaya kalau ada teman yang sama-sama berangkat pada hari tersebut diatas silahkan menghubungi kami pada E- Mail : pahalasmd@yahoo.co.id

  18. @BimaZakaria says:

    Panduan Wisata Bromo – Pekalen – Sempu http://t.co/Hp2nBG7j lewat @sharethis

  19. ayak says:

    Aq ayak ni , kak.
    Pengen ke bromo, tp cma ber 2 aja. Bsa g ya ???
    Tp antara takut n brani. Krn blm pernh ksana. Soalnya kita ber 2 cew smua.
    Mksih kak …

    • Ndah says:

      sebenernya di bromo aman2 aja…
      mungkin yg harus lebih hati2 saat berada di angkutan umum menuju bromo
      biar hemat, sesampai di bromo cari temen baru buat sharing biaya jeep.

      • bromo says:

        Dear Ndah.

        Sepertinya bukan saat berada dalam angkutan umum yang harus hati2,, :)
        Tapi saat mencari angkutan umum harus hati2 sebelum sewa pastikan tidak ada tambahan biaya saat dilokasi nantinya dan minta penjelasan biaya yang anda keluarkan tsb tujuan sampai mana dan mendapat fasilitas apa saja :)

        Salam knal Ms Ndah :)

  20. bromo says:

    ingin informasi lebih lengkap tentang Bromo dan sekitarnya silahkan hubungi kami. :)

    • jamboelz says:

      gan, jadwal kereta sri tanjung dari probolinggo jur jogja jam brapa yaa??
      mohon infonya. Makasih :D

      • Ndah says:

        Kereta Sri Tanjung berangkat dari Banyuwangi jam 06.00 WIB, kemungkinan jam 8-9 tiba di Probolinggo.
        untuk pastinya coba tanyakan ke akun twitternya KAI @KAI121 atau ke stasiun kereta terdekat

  21. bagus says:

    Pengen Coba Berengkat Sendiri…. Dan dpt tmn perjlnn.

  22. jamboelz says:

    inshaAllah tanggal 29 des besok brangkat ke bromo..maw new year disana..
    infonya sangat membantu. makasih :D

  23. hosea says:

    mohon info dong kalau bawa mobil dari jakarta enaknya lewat rute mana ya , thanks

    • Ndah says:

      saya sendiri belum pernah ke Jawa Timur dengan kendaraan pribadi dari Jakarta sehingga tidak tahu rute mana yang lebih enak. mungkin bisa ditanyakan di forum kaskus atau backpacker indonesia.

    • eko susanto says:

      bawa mobil sendiri dari jakarta..
      enak lewat pantura dengan rute cikampek, pamanukan, cirebon, brebes, tegal, pemalang, pekalongan, kendal, semarang, demak, kudus, pati, rembang, tuban, babat, lamongan, gresik masuk tol keluar porong, gempol, pasuruan.
      Total jarak tempuh Jakarta Semanggi – Pasuruan KOta sekitar 750km

      DAri Pasuruan, ke Bromo via Puspa – Tosari – Wonokitri, sekitar 45km
      DAri Pasuruan, ke Bromo via Tongas – Sukapura – CemoroLawang sktr 80km

      btw, seneng baca tulisan’nya ‘ndah dien’ kalo mau liburan ke malang raya
      dengan senang hati kita bisa bantu :)

  24. joko says:

    Koreksi d bromo ga ada penyewaan jeep karena gua ga pernah liat cherokee disewain semuanya milik pribadi, kalau Fj40 banyak dan semuanya pakai ini

  25. christoforo says:

    well Informed…. miss….
    tks

  26. farhah says:

    mba minta itenary nya dooong. rencana mau kesana bulan oktober

  27. neng nomer hp yang diwisma wisata pulau sempu masih aktif gak?tak tlp kok gak bisa

  28. Di baca… di baca.. monggo d baca.. http://t.co/M8a8Bch3nb cc: @VindraCahyo @luchiyuna @RhienieChan @RaLest @gustinbatkorumb

  29. wuiih Bromo,, jangan lupa mampir ya ,, saya tunggu kedatangannya ,, saya siap membantu bagi siapa saja yang ingin kesini …

    Salam Kenal ,,,,

  30. Bromo Tour says:

    Gunung Bromo semakin miris saja kisahnya,, cos bulan mei ini tiket wisata bromo akan di naikkan,, bayangakn saja untuk lokal di hari biasa kurang lebih IDR. 37.000 dan weekend bisa IDR. 57.000 sedangkan turis asing kurang lebih IDR. 250.000 di hari biasa, dan mencapai harga fantastis IDR. 400.000 untuk weekend ,,, gila bener,, fasilitas di dapatpun juga tidak ada, apa lagi akses jalan menuju Bromo sekarang sudah rusak,, macam mana pula tu..

Leave a Reply