Artikel Blog Hilang dan Kembali Ditemukan

Page Not Found
Page Not Found

Mungkin inilah hukumannya jarang-jarang update dan nengokin blog, baru tahu kalo beberapa artikel blog dan update-an blog hilang secara misterius. Berawal dari pertanyaan teman tentang jalan-jalan di Bandung saya menyarankan dia buka langsung di blog ini, tapi ternyata yang ada cuma 1 artikel, padahal saya sudah membuat 2 artikel Panduan Wisata Bandung dan Lembang. Lebih mengagetkan lagi karena bukan hanya Panduan Wisata Bandung – Lembang (jalan-jalan) yang hilang, 2 artikel lagi yaitu “Ini cara kami menikmati Candi Cangkuang dan Leles” dan “Panduan Jalan-Jalan Hemat, Nyaman dan Aman ke Negeri Laskar Pelangi” juga tidak ada. Begitu juga dengan update informasi terbaru beberapa artikel, saya belum sempat cek semua update tapi yang jelas terlihat di Tentang Ndah dan Panduan Wisata Belitung hilang, yang tersisa infomasi lama.

Apakah ada yang pernah senasib dengan saya? Saya tidak tahu penyebab hilangnya artikel-artikel tersebut dan mengapa artikel yang sudah di update kembali ke informasi awal, apakah ini dikarenakan wordpress bermasalah atau MWN tempat hosting blog ini? Awal tahun ini saya memang sering dirugikan oleh MWN seperti di suspend karena kesalahan bagian finance yang tidak mencatat pembayaran biaya hosting dan domain serta beberapa kali server down karena alasan maintenance atau lainnya. Masalah hilangnya artikel blog ini belum saya tanyakan ke CS MWN maupun forum wordpress.

Melalui beberapa artikel yang membahas tentang mengembalikan artikel blog yang hilang saya dapat menemukan kembali dengan “utuh” artikel “Ini cara kami menikmati Candi Cangkuang dan Leles” dan Panduan Wisata Bandung – Lembang (jalan-jalan) tetapi Panduan Jalan-Jalan Hemat, Nyaman dan Aman ke Negeri Laskar Pelangi tetap gak ketemu. Sementara untuk hasil update artikel yang hilang belum saya cari. Caranya lumayan mudah:

  1. Buka google dan pada kotak pencarian ketik site:ndahsaja.com artikel yang saya cari
  2. Di hasil pencarian yang terkait, arahkan mouse ke tanda » (right pointing), sehingga di sebelah kanan akan muncul judul postingan, url dan Cache serta tampilan postingan.
  3. Klik kanan pada link Cache dan pilih open link in new tab
  4. Pada link yang terbuka jika beruntung akan langsung muncul artikel yang hilang. Artikel tersebut bisa langsung di-copy dan paste di new post.
  5. Namun jika artikel yang kita cari tidak muncul dan hanya ada page not found (seperti kasus panduan wisata bandung dan lembang (jalan-jalan), maka copy alamat url page tersebut dan buka halaman baru pada tab browser, kemudian ketik cache: alamat url page not found.
Memanfaatkan "CACHE" untuk Lost and Found Artikel Blog
Memanfaatkan “CACHE” untuk Lost and Found Artikel Blog

Beberapa foto yang saya simpan di wordpress juga ikut hilang sehingga musti upload foto-foto yang hilang. Sedangkan foto yang berasal dari album foto di picassa tinggal saya copy image location dan insert di artikel blog lama tapi baru ketemu

Karena pada dasarnya saya pemalas, artikel ke-3 yang hilang saya biarkan saja sebagai gantinya saya copy dari tulisan yang pernah saya posting di siluethorisontal. Sementara update artikel yang hilang tidak akan saya cari lagi. Yang lalu biarlah berlalu…. #_#

7 thoughts on “Artikel Blog Hilang dan Kembali Ditemukan”

    1. enggak update wp koq.
      anehnya yg hilang semua postingan, update, comment bahkan widget yg ada sekitar akhir maret – awal April ini.
      keqnya musti sering2 backup nih

Leave a Reply