Category Archives: Bali

Panduan Wisata Bali (Jalan-Jalan di Bali)

Senja dan Cinta di Pantai Lovina

Ketika pertama kali ke Bali saya masih bisa menelfon Bluebird untuk di jemput di bandara tapi ternyata saat ini sudah tidak bisa lagi. Sehingga ketika taxi di Bandara menawarkan harga yang mahal menuju penginapan di Nusa Dua, saya dan seorang teman keluar bandara Ngurah Rai ke arah kanan menunggu taxi di jalan raya dan kemudian menjemput teman yang lain di dalam bandara. Akan lebih baik kalo memesan mobil terlebih dahulu dari pihak Hotel untuk menjemput ke Bandara.

Bali Part #1 kami menuju penginapan di Legian dengan naik taxi dan berkeliling Bali dengan menyewa mobil kijang kapsul dari Hotel. Sewa mobil+sopir+bensin Rp. 300.000,-/12 jam.

Bali Part #2 kami menyewa mobil APV dengan tarif Rp 250.000/12 jam dan overtime Rp. 25.000/jam. 3 hari sewa kami membayar Rp. 800.000,-, bensin selama 3 hari Rp. 280.000,- dan memberi tip sopir Rp. 200.000,-. Kami menyewa di ABS. Tour and Travel milik I Nyoman Bakat, HP: 0812 3636 2206 dengan sopir bli Komang.

Bali Part #3 kami menyewa mobil dari Surabaya kami menyewa Avansa di http://pusaka-rentcar.blogspot.com/ dengan sewa Rp. 450.000/24 jam (mobil + sopir), dihitung mulai hari Jum’at jam 22.00 WIB – Minggu jam 22.00 WIB, bensin selama 2 hari Rp 350.000,- dan tips sopir Rp. 100.000,-. Pusaka: Jl. Semolo Waru Elok Blok Q/ 14 Surabaya. Phone: +6231 7250 6007 / 0813 5799 0007/ 0878 5150 2007 dengan sopir Pak Harry.

Di Nusa Dua kami menginap di The Studio One Jl. Bypass Nusa Dua 7x, Nusa Dua. Kami menemukan alamat tersebut di pameran traveling sehingga mendapat diskon 10%, selain itu kami juga mendapat bonus 1 kamar junior suite karena memesan 3 kamar deluxe. Fasilitasnya  AC, TV, hoot-cool water, breakfast dan wifi. Tarif per malam:


Continue reading Panduan Wisata Bali (Jalan-Jalan di Bali)

Panduan Wisata Bali (Persiapan)

Persembahan untuk Dewa

Saya tidak tahu apakah ada gunanya menuliskan panduan wisata bali karena tanpa ada panduanpun semua orang bisa dengan mudah tiba dan menjelajahi Bali. Begitu sampai di Bali dengan mudah kita bisa menemukan peta wisata, alamat penginapan dan alamat sewa kendaraan. Yang tidak mudah ditemukan di Bali adalah bus/angkot/kendaraan umum. Konon…. Kabarnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) tengah melakukan studi kelayakan terkait rencana pembangunan rangkaian kereta api lingkar Bali. Rangkaian kereta api lingkar Bali akan mengelilingi Pulau Bali sejajar dengan rencana pembangunan jalan tol di Bali yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Panjang kereta api lingkar Bali diperkirakan mencapai 500 kilometer. Kapan akan terwujud? Entahlah… untuk waktu dekat ini pilihan terbaik menjelajahi Bali adalah dengan menyewa kendaraan (mobil/motor).

Pengalaman pertama saya ke Bali adalah akhir tahun 2004 bersama seorang teman, tanpa perencanaan apapun hanya mampir 2 hari setelah pulang dari Lombok. Sesampai di Bandara kami langsung mengambil brosur wisata dan memilih acak penginapan dengan kriteria: dekat pantai kuta (Jl. Legian jika memungkinkan) dan murah. Kami menemukan penginapan yang tidak jauh dari Ground Zero Bom Bali (lupa namanya) dengan harga Rp. 150.000,- kamarnya luas, TV, bathtub (hot & cool) dan kamar menghadap ke jalan yang otomatis karena di lantai atas dapat bonus pemandangan pantai kuta. Karena saat itu bulan puasa kami menghabiskan sore dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai Kuta sambil menunggu waktu berbuka dan dilanjutkan wisata belanja di sepanjang jalan Legian.


Continue reading Panduan Wisata Bali (Persiapan)