Category Archives: Keresahan

Rumput Laut: Potensi Tersembunyi Pariwisata Wakatobi

menyelami keindahan wakatobi

Pertama kali mendengar nama Wakatobi yang terkenal dengan keindahan panorama underwater-nya saya mengira Wakatobi sebagai sebuah pulau kecil bernama Wakatobi. Dalam sebuah pameran pariwisata saya baru mengetahui bahwa wisata unggulan propinsi Sulawesi Tenggara ini merupakan kumpulan pulau-pulau kecil yang terdiri dari Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Kecantikan panorama bawah laut Wakatobi yang tercipta dari puluhan gugusan terumbu karang, ratusan jenis karang dan ikan menarik wisatawan pecinta diving dari dalam dan luar negeri untuk menyelami keindahannya.

Membuka lembar demi lembar promosi wisata Wakatobi semakin menggugah semangat saya untuk segera memasang pelampung, snorkel dan fin dan langsung menyapa ikan badut, baronang, barakuda, ikan warna-warni yang tidak saya kenal namanya serta berpose cantik dihamparan terumbu karang yang jauh lebih cantik. Saya juga tidak sabar menjejakkan kaki di pasir pantai serta menghirup udara segar yang belum tercemar timbal, menikmati matahari terbenam dari bukit khayangan, mengenal suku bajo, mungkin saya bisa belajar berenang dan menyelam kepada penduduk yang hidup bersama laut dan terkenal sebagai penyelam handal, serta mencicipi makanan serba ikan, barongko, kasouami dan tentu saja snack renyah manis bernama karasi.

Continue reading Rumput Laut: Potensi Tersembunyi Pariwisata Wakatobi

Sawah: sebuah panggung pertunjukan atau sumber kehidupan?

Bersepeda menyusuri persawahan Ubud

Ubud, sebagai salah satu destinasi wisata utama di Bali namanya semakin berkibar dengan adanya film “Eat, Pray and Love” yang dibintangi artis besar Hollywood Julia Robert. Wisatawan berduyun-duyun mengunjungi Ubud mengharapkan romantisme yang sama dengan Elizabet Gilbert, bersepeda diantara bentangan sawah dan menghirup udara segar yang jauh dari polusi. Namun Ubud saat ini bukanlah Ubud 6-10 tahun silam ketika pertama kali saya mengunjungi desa yang terkenal dengan terasiring dan sistem air subak.  Hotel mewah dan penginapan murah mulai memangkas luas sawah yang ada. Di beberapa tempat, sawah hanya sebuah sebuah pajangan yang menjadi pemanis sebuah hotel. Luasnya tidak seberapa, namun aktifitas petani menanam padi, mengolah sawah dan memanen menjadi sebuah atraksi menarik bagi wisatawan yang menginap di hotel tersebut.

Wisata sawah, mungkin itu sebutannya. Warga disekitar penginapan bekerja sebagai petani, sebuah profesi yang biasa mereka jalani namun kali ini sawah menjadi panggung dengan petani menjadi bintang utama dan wisatawan sebagai penontonnya. Continue reading Sawah: sebuah panggung pertunjukan atau sumber kehidupan?

Cuti Berlibur di saat Libur Panjang

Mata pecinta jalan-jalan mana yang tidak berbinar melihat deretan tanggal merah di bulan Mei 2014 ini. Sayapun dari akhir tahun kemarin sudah menandai hari libur nasional di bulan Mei dengan beberapa rencana. Impian saya adalah mengambil cuti di tanggal 26, 28 dan 30 Mei, cuti 3 hari tapi dapat libur hingga 9 hari dan menghabiskannya dengan menikmati keindahan alam flores, maluku atau papua. 3 tempat ini selalu ada dalam top priority jalan-jalan karena belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di NTT, Maluku dan Papua.

Kalender hari libur nasional 2014

Namun seperti kata Pak Ustadz, manusia hanya bisa berencana namun Tuhan-lah yang menentukan. Justru saat long weekend di akhir Maret lalu saya tumbang. Untuk pertama kalinya saya sakit yang cukup parah hingga memaksa saya untuk berdamai dengan hasrat jalan-jalan yang meluap-luap. Awalnya saya pikir saya bisa menaklukkan demam berdarah dan typus dengan melakukan apapun yang dinasehati teman dan saudara. Jus jambu, sari kurma dan angkak (fermentasi beras merah) semua saya minum. Hasilnya cukup baik, titik terendah trombosit saya masih dikisaran 90.000. Tapi apa daya ternyata liver saya mengalami gangguan, pun demikian dengan kondisi paru-paru yang agak meradang. Tanggal 5 April saya menyerah dan menyerahkan perawatan sepenuhnya di Rumah Sakit.

Continue reading Cuti Berlibur di saat Libur Panjang