Category Archives: Book & Blogging

Artikel Blog Hilang dan Kembali Ditemukan

Page Not Found
Page Not Found

Mungkin inilah hukumannya jarang-jarang update dan nengokin blog, baru tahu kalo beberapa artikel blog dan update-an blog hilang secara misterius. Berawal dari pertanyaan teman tentang jalan-jalan di Bandung saya menyarankan dia buka langsung di blog ini, tapi ternyata yang ada cuma 1 artikel, padahal saya sudah membuat 2 artikel Panduan Wisata Bandung dan Lembang. Lebih mengagetkan lagi karena bukan hanya Panduan Wisata Bandung – Lembang (jalan-jalan) yang hilang, 2 artikel lagi yaitu “Ini cara kami menikmati Candi Cangkuang dan Leles” dan “Panduan Jalan-Jalan Hemat, Nyaman dan Aman ke Negeri Laskar Pelangi” juga tidak ada. Begitu juga dengan update informasi terbaru beberapa artikel, saya belum sempat cek semua update tapi yang jelas terlihat di Tentang Ndah dan Panduan Wisata Belitung hilang, yang tersisa infomasi lama.

Apakah ada yang pernah senasib dengan saya? Saya tidak tahu penyebab hilangnya artikel-artikel tersebut dan mengapa artikel yang sudah di update kembali ke informasi awal, apakah ini dikarenakan wordpress bermasalah atau MWN tempat hosting blog ini? Continue reading Artikel Blog Hilang dan Kembali Ditemukan

Buku Pertama Ndah, Wisata Hemat: Belitung

Tidak disangka tidak dinyana dan tidak diduga ada penerbit yang mampir ke blog panduan wisata versi ndahsaja khilaf meminta saya menulis buku panduan wisata. Awalnya saya ragu, apa benar tulisan saya yang acak adul di blog bisa diangkat dalam sebuah buku. Emang sih… kalo ngeliat fenomena buku-buku yang diangkat dari twitter bermodal banyak follower isinya biasa saja tapi bisa diterima banyak orang.

Tapi kan masalahnya:

  1. Tulisan saya tidak bagus: berbeda dengan blog yang gak perlu EYD dan segala macamnya menurut saya buku menuntut penulis yang memahami bagaimana merangkai kata menjadi kalimat indah dan meyakinkan.
  2. Saya tidak punya follower melimpah ruah: di era socmed seperti sekarang ini, jumlah follower twitter sangat mempengaruhi promosi. Walaupun saya menulis blog perjalanan wisata tapi akun twitter @ndahdien tidak berisi layaknya seorang traveler yang ramai mengabarkan rencana perjalanan wisata jauh jauh jauuuuh hari, selalu posting foto saat di tempat wisata, bikin hestek #tripanu #tripini dan kemudian masukin dalam chirpstory.com. Ah saya memang tidak bakat menjual diri blog dan buku, saya syedih tuiiippss….. ;(
  3. Continue reading Buku Pertama Ndah, Wisata Hemat: Belitung