Category Archives: Jawa Barat

Panduan Wisata Bandung – Lembang (jalan-jalan)

peta wisata lembangMelanjutkan posting sebelumnya kali ini saya ingin sedikit membahas tempat-tempat yang sudah pernah saya kunjungi. Tidak banyak memang dan beberapa diantara sudah saya kunjungi bertahun-tahun yang lalu, namun mungkin bisa menambah referensi teman-temen yang pengen main ke Bandung. Jika anda membutuhkan peta wisata Bandung dapat download Bandung Tourism Map dari Bandung Tourism.

Menurut saya, cara termudah menjelajahi Bandung adalah dengan menyewa mobil terutama jika pergi berombongan dan akan lebih mudah lagi jika sopir tahu jalanan kota Bandung. Namun tidak ada salahnya mencoba naik turun kendaraan umum, nanya-nanya rute angkot dan sedikit bumbu drama salah jurusan. Jika anda berpetualang dibelantara lalu lintas Bandung, sarana transportasi umum seperti angkot, Damri, Taxi tersedia hingga malam hari. Rute angkot dapat di download pada artikel Panduan Wisata Bandung dan Lembang

PUSDAI BANDUNG

*menghela nafas sejenak
#darisinidramadimulai

Continue reading Panduan Wisata Bandung – Lembang (jalan-jalan)

Ini cara kami menikmati Candi Cangkuang dan Leles

Apa bagusnya Candi Cangkuang? Candi koq kecil gitu! Iya bener banget yang dibilang temen saya yang kecewa setelah melihat komplek Candi yang lebih mirip gapura rumah di Bali. Candi Cangkuang memang tidak megah, berbentuk persegi empat 4,22 x 4,22 m dengan tinggi 2,49 m, candi ini terletak di sebuah bukit di Kampung Pulo, Kecamatan Leles, Garut. Tapi saya dan genk nunun “Lakers” gak ada bosan-bosannya mengunjungi tempat ini. Apa istimewanya tempat ini buat Lakers? Hmmm…. bukan sekedar jagung bakar, romantisme naik gondola perahu (rakit) serta selempang duta wisata candi cangkuang candi imut tersebut yang menarik kami untuk datang dan datang lagi. Candi cangkuang menjadi tempat favorit wisata di Garut (selain Lembah Balliem versi Lakers) karena lokasinya dekat dengan rumah teh ani resort dimana kami bisa menumpang tidur dan makan gratis dan perjalanan menuju Candi Cangkuang yang SEKSIH! Mau bukti?

Semua berawal dari tempat ini, rumah teh Ani (kakaknya temen kami, Gulam) yang berada di Leles. Kami menyebutnya Teh Ani Resort ;)

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri persawahan Continue reading Ini cara kami menikmati Candi Cangkuang dan Leles

Panduan Wisata Bandung dan Lembang

Wisata Bandung dan Lembang

Everybody Loves Bandung (except me)”. Dengan segala hal yang dimilikinya, bangunan kota tua, makanan enak, pusat belanja murah, beragam pilihan tempat wisata bahkan kemolekan penduduknya, saya masih belum bisa mencintai Bandung dan menjadikannya sebagai tempat ngabur favorit membuang gundah bin galau di saat kalender berwarna merah. Tidak cinta bukan berarti saya tidak mau mengenalnya, beberapa kali saya mengunjungi kota yang rute jalannya susah diapalin.

Pertama kali ke Bandung adalah saat study tour SMP, kedua dalam rangka kunjungan ke rumah saudara, ketiga saat kuliah dalam rangka pertemuan belahan jiwa himpunan mahasiswa, keempat saat liburan kantor yang ternyata menyadarkan saya belum siap mengunjungi kota yang pernah menjadi kenangan indah. Kelima dengan sangat terpaksa ngikutin Lakers sepulang dari Pangandaran dan Garut yang sialnya memilih jalan pulang lewat Bandung. Walaupun diawali dengan deraian air mata tapi akhirnya bisa tergantikan dengan gelak tawa dan bonus teronggok nista sepayung bertiga dibawah guyuran hujan deras menunggu taxi yang sangat susah diperoleh. Keenam dan ketujuh pergi bareng GenkSP dengan persiapan mental matang. Hayo coba bandingin yang ngakunya cinta Bandung, banyakan mana jumlah kunjungan kamu ke Bandung di banding saya? Woh, udah gak bisa di hitung jari? Hmm….. kalo gitu tolong lengkapi tulisan saya ini hehehe…

From Bandung – Lembang

Banyak jalan menuju Roma, pun demikian ke Bandung. Pernah ngerasain naik bis dan kereta dari Kebumen dan Purwokerto, naik bis dengan rute via puncak dan Cipularang dari Bogor dan Depok, naik mobil pribadi dengan rute muter lewat Subang dan Lembang, naik kereta dari Gambir, tapi belum pernah ngerasain naik travel dengan alasan cemen…. trauma dengan ngebutnya travel Gombong-Bogor. Dengan makin banyaknya penerbangan di Bandara Husein Sastranegara, Bandung semakin mudah dijangkau darimanapun Anda tinggal. Kabarnya saat ini banyak wisatawan dari negeri Jiran yang tidak segan-segan memenuhi bagasinya dengan hasil belanjaan murah. Mudah, murah, menawan dan….mengenyangkan, itulah Bandung.

Continue reading Panduan Wisata Bandung dan Lembang

Panduan Wisata Bogor – Puncak dan sekitarnya

Bogor pada awal pendiriannya di jaman kolonial bernama Buitenzorg (berarti “tanpa kecemasan” atau “aman tenteram”) direncanakan sebagai sebagai daerah pertanian dan tempat peristirahatan bagi Gubernur Jenderal saat ini telah berkembang menjadi daerah penyangga ibukota yang penuh sesak dengan perumahan. Julukan kota sejuta angkot menunjukkan betapa semrawutnya system transportasi di kota hujan ini. Bahkan 2 buah terminal angkot Bubulak dan Laladon milik kabupaten Bogor  dan kota Bogor  berjarak tidak lebih dari 1 km, tidak ada yang mau mengalah menggunakan 1 terminal saja. Mata pencaharian utama warga Bogor sepertinya ada di jalan, selain banyaknya sopir angkot, calo angkot, pedagang asongan, pedagang warung tenda bahkan pak ogah berdiri gagah di setiap putaran jalan. Walaupun demikian, pesona Bogor sebagai tempat wisata tidak menyurutkan orang untuk berlibur ke Bogor. Bogor memang memiliki banyak pilihan tempat wisata, ada wisata alam, wisata sejarah, wisata ilmu pengetahuan, wisata budaya dan tentu saja wisata kuliner. Anda membutuhkan peta wisata Bogor? Silahkan tanyakan kepada Google. Ooppss tidak ada?? Ada siih… di website wisata kabupaten bogor, tapi ukurannya keciiiill sekali, sampe tidak bisa di baca. Mungkin takut hasil jerih payah pembuatnya digunakan dengan bebas oleh wisatawan, mungkin karena Bogor sudah sangat terkenal atau mungkin saya yang terlalu malas mencarinya. Website puncakview menerbitkan peta wisata versi pdf sehingga bisa diperbesar sesuka hati. Kalau ingin punya gambaran wilayah bogor bisa main-main “get direction” di http://maps.google.co.id/ Buat yang gak peduli dengan ketersediaan peta wisata, let’s get lost at Bogor! Selamat menebak-nebak rute wisata Bogor di tengah belantara hutan angkot 😛

Transportasi menuju Bogor:

  • Pesawat: dari Bandar Soekarno Hatta naik Damri jurusan Bogor turun di terminal Damri (sebelah mal Botani Square) dengan tarif Rp. 35.000,-
  • Kereta: turun di stasiun Gambir naik Commuter line tujuan stasiun Bogor, tarif Rp. 7.000,-. Jika anda turun di stasiun Jatinegara bisa menunggu commuter line  jurusan stasiun Manggarai atau keluar stasiun nyebrang jalan dan naik ojek/bajaj ke stasiun Tebet, tarif sekitar Rp. 10.000,- atau naik metro mini jurusan Kampung Melayu pindah ke jurusan Tebet dengan tarif masing-masing Rp. 2.000,-. Dari stasiun Tebet naik Commuter line jurusan Bogor atau KRL Ekonomi dengan tarif Rp. 2.000,-
  • Bus: Naik bus jurusan terminal Baranangsiang.

 Transportasi di kota Bogor:

Angkot di Bogor tidak masuk terminal Baranangsiang, hanya melewati saja. Angkot di Kabupaten berwarna biru, tidak ada angka hanya tulisan jurusan tiap angkot. Angkot di Kota berwarna hijau, dengan rute sesuai angka. Tarif angkot hijau rata-rata Rp. 3.000, jarak jauh Rp. 4.000.

Continue reading Panduan Wisata Bogor – Puncak dan sekitarnya

Panduan Wisata Pangandaran – Ciamis, Jawa Barat

Mungkin banyak yang mengira Pangandaran adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat atau bahkan Jawa Tengah mengingat obyek wisata Pantai Pangandaran letaknya memang berdekatan dengan Cilacap dan kepopuleran kota Pangandaran melebihi kota kabupatennya. Pangandaran adalah salah satu kecamatan di kabupaten Ciamis (± 92 km arah selatan kota Ciamis), letaknya yang berbatasan langsung dengan samudra hindia dan dengan bentuk wilayahnya yang menjorok ke laut membuat kota ini memiliki banyak tempat wisata pantai yang menarik. Objek wisata yang bisa dinikmati seperti: Pasir Putih Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pantai Karang Tirta, Pantai Keusik Luhur, Pantai Karapyak, Pantai Pangandaran (sunrise: pantai timur, sunset: pantai barat), Pantai Batu Karas, Pangandaran Water park, Cagar Alam dan Taman Wisata Pananjung Pangandaran, Air Terjun Citumang dan Cukang Taneuh / Green Canyon.

Peta Wisata Pangandaran

Jika ingin menikmati pesona lain Pangandaran sebaiknya datang saat ada event besar seperti:

  • Hajat Laut, prosesi melarung sesajen ke laut lepas sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME.  Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam di Pantai Timur Pangandaran.
  • Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) pada tiap bulan Juni atau Juli.

 Transportasi menuju Pangandaran:

Dari terminal Kampung Rambutan tersedia bus Jaya Perkasa yang langsung menuju Pangandaran. Biasanya bus berangkat pukul 19.30 WIB, tetapi jika sudah penuh langsung berangkat. Tiket bus seharga Rp. 60.000,-. Dari terminal Depok juga tersedia Bus Budiman. Jika tidak mendapatkan bus langsung ke Pangandaran bisa menggunakan bus lain jurusan Tasikmalaya atau Banjar. Dari Tasikmalaya dan Banjar tersedia banyak minibus menuju Pangandaran. Pertama kali ke Pangandaran kami pernah terlambat ke terminal sehingga ketinggalan bus, kami naik bus juruan Tasikmalaya, istirahat sejenak menunggu Subuh, kemudian melanjutkan perjalanan ke Pangandaran dengan minibus.


Continue reading Panduan Wisata Pangandaran – Ciamis, Jawa Barat

Panduan Wisata Garut – Jawa Barat

Selamat Pagi Leles

Perkenalan pertama saya dengan kota Garut saat tahun baru 2010 tidak lepas dari salah satu personel Genk LaKers, Gulam Helmi yang asli dari Leles, Garut. Pesona Garut dan keramahan keluarganya (baca makan dan tidur gratis!!) bikin kami selalu datang datang dan datang lagi ke kota yang terkenal dengan Dodol-nya. Kabupaten Garut secara geografis berdekatan dengan Kota Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat. Garut memiliki tempat wisata yang sangat komplit, mulai dari gunung, danau/situ, pemandian air panas, air terjun, perkebunan teh bahkan pantai. Hal ini tidak lepas dari karakteristik topografi Kabupaten Garut dimana ketinggian tempat antara wilayah bervariasi dari wilayah paling rendah yang sejajar dengan permukaan laut hingga wilayah tertinggi di puncak gunung.

Transportasi menuju Garut (2012):

Banyak sekali bus menuju Garut, biasanya saya lewat terminal Lebak Bulus naik bus Primajasa AC (duduk 3-2) Rp. 42.000,- (tarif tahun 2014). Kalaupun tidak mendapatkan bus yang langsung ke Garut bisa menggunakan bus tujuan Pangandaran dan Tasikmalaya bisa turun di Nagreg dan ganti naik ELF atau Bus menuju Garut. Atau seperti teman saya yang malas ke Lebak Bulus, dari Bogor dia ke Bandung dulu naik MGI dan melanjutkan perjalanan dari Bandung ke Garut. Tarif Bandung – Garut (Cicaheum Rp. 8.000,- dan Rp. 15.000,- (Patas) / Lw. Panjang Rp. 10.000,- dan Rp. 18.000,- (Patas). Dari Bogor sebenarnya juga ada bus menuju Garut lewat puncak, bus Karunia Bakti ukuran 3/4 dengan jadwal pagi dan sore, tapi dengan jalur yang lebih memutar dan riwayat kecelakaan yang pernah terjadi saya memilih lewat lebak bulus. Jika jalur menuju Lebak Bulus dirasa terlalu jauh dan macet bisa juga naik di pool Cililitan Cawang (dekat BAKN)

Tiket Jakarta - Garut (Bis Primajasa 2014)
Tiket Jakarta – Garut (Bis Primajasa 2014)

Penginapan di Garut:

Sebagian besar penginapan berada di kota Cipanas, hal ini tidak lepas dari daya tarik pemandian air panas yang memanjakan wisatawan dari dinginnya air di kota Garut. Mulai dari penginapan yang sangat mahal seperti Danau Darizza yang menawarkan harga “TERMURAH” untuk Rumah Gadang: Weekdays: USD 60.-, Weekend: USD 72.-, Holliday: USD 126.- dan termahal Rumah Sao Ato Mosa Lakitana NTT: Weekdays: USD 282.-, Weekend: USD 352.-, Holliday: USD 459.-. Penginapan TIDAK murah lainnya yang sangat terkenal tentu saja tempat Afgan syuting do’a Ramadhan, Kampung Sampireun.  Kampung Sampireun memiliki 22 bungalow yang bervariasi, terdiri atas 8 unit Kalapalua Suite, 4 unit Kurjati Suite, 6 unit Waluran Suite, 1 unit Cikuray Suite, 1 unit Papandayan Suite, 1 unit Manglayang Suite. Tarif per malamnya berkisar antara Rp. 2.100.000 – Rp. 4.500.000.

Berikut ini daftar penginapan di Garut:

Continue reading Panduan Wisata Garut – Jawa Barat

Panduan Wisata Ujung Genteng

Sebagian besar dari kita (termasuk saya tentunya) memilih pergi ke Ujung Genteng di akhir minggu saja. Berangkat Jum’at malam, menikmati Ujung Genteng dan sekitarnya 1,5 hari kemudian Minggu siang kembali ke Jakarta. Capek… itulah yang sangat terasa, apalagi harus terburu-buru menikmati alam Ujung Genteng yang indah itu.

Banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa di kunjungi, tempa wisata di Ujung Genteng antara lain:

Trip ke Ujung Genteng, Sukabumi
  • Pantai ujung genteng
  • Pantai pangumbahan ~> melihat penyu bertelur dan melepas tukik (anak penyu)
  • Amanda ratu (yang katanya mirip Tanah Lot, dah gw bilang…. apanya yang mirip? 😛 )
  • Melihat pembuatan gula kelapa/pantai akuarium
  • Pantai ombak tujuh ~> siapkan papan selancar dan berselancar dengan bule 😉
  • Curug Cikaso
  • Curug Cigangsa
  • Curug Ciruti

 

Transportasi menuju Ujung Genteng:

Mengingat tidak adanya angkutan umum di sana sebaiknya sewa Mobil saja (rate bogor): Rp. 300.000 – 400.000/day, (belum termasuk: makan dan penginapan sopir, BBM) tergantung jenis mobilnya. Namun jika ingin sangat berhemat bisa menggunakan angkutan L300 menuju Sukabumi yang biasanya ngetem di sekitar terminal Baranangsiang, Bogor.

– Mobil Pribadi: Jakarta, masuk tol menuju Ciawi – Cicurug – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Kiara Dua – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng. Dari UKI kami berangkat jam 23.00 WIB sampai di Amanda Ratu jam 05.30 WIB.

– Angkutan Umum:

  • Bus MGI (non AC) Bogor – Surade: Rp. 35.000,-. Berangkat dari terminal Baranangsiang terakhir jam 16.00 WIB. Lama perjalanan kurang lebih 7 jam. Terkadang bus dari Surade tidak langsung ke Bogor tetapi hanya sampai di Sukabumi, dari sukabumi tersedia bus menuju Jakarta/depok/bogor. Bagi traveler yang turun di stasiun Bogor gunakan angkot 03 menuju terminal Baranangsiang dengan tarif Rp. 2.000,-
  • L300 Bogor – Sukabumi Rp. 12.000,- (harga normal, kadang weekend naik jadi Rp. 15.000,-). Catatan: Siapkan diri untuk berdesak-desakan, asap rokok dan sopir yang ugal-ugalan. L300 mangkal di dekat jembatan penyeberangan terminal bus Baranangsiang – Gedung Alumni IPB dan Jalan Padjajaran depan terminal Baranangsiang – Ada Swalayan. Jika tidak mau ngetem lama lebih baik nunggu L300 di simpang Ciawi, dari baranangsiang naik angkot 01.
  • ELF Sukabumi – Surade: RP. 25.000,-
  • Surade – Ujung Genteng: Angkot berwarna merah dgn jurusan Surade – Ujung Genteng – Cibuaya. Rp. 8.000,-. Lama perjalanan kurang lebih 45 menit. Biasanya sopir angkot menawarkan untuk sewa angkot seharga Rp. 100.000,-
  • Ojek di Ujung Genteng ke pantai pangumbahan dan sebaliknya: Rp. 35.000 – 40.000

Informasi Penginapan sekitar pantai ujung genteng:
Harga kamar bervariasi : dari Rp. 100.000/malam sd Rp. 600.000/malam. Sebagian besar lokasinya di sepanjang pantai Ujung Genteng. Banyak sekali yang minya rekomendasi penginapan untuk rombongan dalam jumlah banyak. Maaf sekali saya tidak punya info kapasitas dari masing-masing penginapan. Untuk harga, lokasi, kapasitas dan fasilitas silahkan hubungi penginapan di bawah ini. Atau baca comment-comment di sini, ada pemilik penginapan yang menawarkan tempat penginapannya.

Continue reading Panduan Wisata Ujung Genteng