Category Archives: DIY

27 Jam di Jogja: Sendratari Ramayana, Sunrise (gagal) Istana Ratu Boko & Sesi Zurhat

Jadwal Sendratari Ramayana Candi Prambanan tahun 2013
Jadwal Sendratari Ramayana Candi Prambanan tahun 2013

Membunuh kejenuhan saya terhadap beban hati pekerjaan yang tiada habisnya selama 2 bulan ini saya memutuskan untuk pulang ke kampung halaman tercinta, menengok keadaan Bapak dan Ibu yang saat ini tinggal ber-2 saja. Namun sebelum sungkem Bapak dan Ibu saya terlebih dahulu “ngadem” sejenak di kota yang menurut Kla Project “Pulang ke kotamu…. ada setangkup haru dalam rindu. Masih seperti dulu….“, JOGJA! Berkat bantuan teman saya, pesawat dan penginapan sudah dibooking oleh mami (Yeyen). Karena tema perjalanan adalah “ngademin hati dan otak” maka saya memilih penginapan di tempat yang jauh dari pusat kota, jadwal kepulangan juga saya cocokkan dengan jadwal pementasan Sendratari Ramayana. Maka terpilihlah jadwal kepulangan hari Kamis, tanggal 21 Februari 2013 dan memilih penginapan di Poeri Devata Resort & Hotel di dekat Candi Prambanan.

Candi Prambanan (malam hari)
Candi Prambanan (malam hari)

Tiba di Bandara Adi Sucipto sekitar pukul 2 siang, selesai sholat langsung menuju ke Halte Trans Jogja Bandara dan naik 01A (rute Bandara – Prambanan) dengan harga Rp. 3.000. Hemat berkali-kali lipat dari tarif taxi dan juga tarif penjemputan dari Hotel. Dari Halte Prambanan menuju hotel saya menggunakan ojek yang banyak terdapat di dekat halte, ongkosnya Rp. 10.000 (sebenarnya bisa ditawar setengahnya, tapi sedang males nawar). Tidak butuh waktu lama, saya sudah sampai di penginapan.

Walaupun awalnya agak ribet karena bukti email booking dari Agoda tidak kunjung masuk dalam email saya, namun akhirnya pihak hotel tidak mempermasalahkannya. Segelas sirup leci dingin, senyum ramah semua pegawai dari receptionist, manager hingga tukang kebun memberikan kesan pertama yang menyenangkan. Sebelum masuk ke kamar saya menanyakan beberapa paket wisata yang ditawarkan Hotel seperti Sendratari Ramayana, Sewa Sepeda dan Wisata Sunrise Istana Ratu Boko. Tanpa pikir panjang saya langsung membeli tiket Sendratari Ramayana dan memesan tiket Sunrise Istana Ratu Boko. Sewa sepeda dengan harga Rp. 50.000/jam dengan minimal peminjaman 2 jam saya batalkan karena hujan sudah mulai turun.

Poeri Devata Resort Hotel Jogja
Poeri Devata Resort Hotel Jogja

Continue reading 27 Jam di Jogja: Sendratari Ramayana, Sunrise (gagal) Istana Ratu Boko & Sesi Zurhat

Panduan Wisata Jogja

Putri Hujan di Tamansari 😛

Dari beberapa tempat yang pernah saya datangi Jogja memberikan kemudahan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan wisatawan. Informasi penginapan dari yang murah sampai yang mahal, info wisata kuliner, info tempat wisata lengkap dengan foto dan penjelasannya, info rent car dan masih banyak info lainnya dapat diperoleh di banyak website seperti www.jogjatourism.com gudeg.net/ www.yogyes.com/ dan map.jogja.com/. Yang lebih menyenangkan lagi, website tersebut tidak dimiliki agen travel yang mengarahkan semua nomor telfon penginapan dan sewa mobil ke agen travel tersebut.

Walaupun telah berulang kali ke Jogja/Yogyakarta/DIY namun Pesona Jogja bagai magnet yang selalu menarik saya untuk kembali datang. Tapi jangan pernah tanyakan arah ke suatu tempat di salah satu sudut Jogja, karena nilai hapalan saya sangat jelek. Bahkan sudah 5 tahun tinggal di Bogor masih saja tidak tahu arah, apalagi  Jogja yang lebih sering menjadi kota transit ketika pulang kampung dan sekedar main ke rumah teman. Panduan wisata Jogja yang saya tuliskan kali ini saya sarikan dari beberapa perjalanan saya ke jogja.

Transportasi dari Jakarta menuju Jogja:

Kereta:

Jika ada long weekend segeralah beli tiket keretea 1 bulan sebelum keberangkatan karena selain wisatawan banyak sekali warga Jogja dan sekitarnya yang pulang menggunakan jasa kereta api. Dengan kereta eksekutif perjalanan Jakarta-Jogja berkisar 7-8 jam, 8-10 jam jika menggunakan kereta bisnis atau ekonomi. Kurang lebih sejak tahun 2009 pembelian tiket kereta bisa dilayani melalui agen, sayang harganya menjadi lebih mahal karena terkena biaya pemesanan Rp.10.000 untuk kereta bisnis dan Rp. 15.000 untuk kereta eksekutif. Jika pergi dengan rombongan banyak lebih baik langsung beli di Gambir, dengan catatan tiap 1 orang hanya boleh memesan paling banyak 4 tempat duduk.

Berikut daftar kereta Jakarta – Jogja – Jakarta dengan tarif saat libur panjang. FYI, mulai awal tahun 2012 kereta dari Gambir menuju Jogja tidak lagi berhenti di Jatinegara, jadi silahkan langsung ke Gambir. Update terbaru silahkan cek jadwal dan harganya di website PT.KAI , atau follow twitter @KAI121 @TweetKereta. Reservasi tiket kereta api saat ini dapat melalui telepon dengan menghubungi: 121 (PSTN), 021-121 (GSM-CDMA), 021-21391121 (all operator), 24 jam atau langsung pesan di website http://kereta-api.co.id/ . Pembayarannya melalui jaringan ATM. Atau bisa juga beli di agen-agen yang di tunjuk. Pembelian online dikenakan tambahan biaya Rp. 7.500, sedangkan di agen untuk tiket eksekutif dikenakan tambahan biaya Rp. 15.000 dan Rp. 10.000 untuk bisnis.

Gambir – Jogja (Kereta tidak lagi berhenti di Jategara, pastikan anda naik dari Gambir. Commuter line dan KRL Ekonomi sudah tidak berhenti di Gambir, anda bisa turun di stasiun Juanda atau Gondangdia dan dilanjutkan ke stasiun Gambir dengan naik ojek atau bajai sekitar Rp. 5.000 – Rp. 10.000):

Continue reading Panduan Wisata Jogja